Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inilah 9 Fakta di Balik Kemenangan Spanyol

Senin, 02 Juli 2012, 12:04 WIB
Komentar : 4
dailymail
Euforia timnas Spanyol
Euforia timnas Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, Inilah 9 fakta menarik di balik kemenangan Spanyol dalam ajang Piala Eropa 2012:

  • Spanyol kini bersejajar dengan Jerman yang berhasil menjuarai Piala Eropa sebanyak tiga kali.

 

  • Selisih empat gol yang dibuat Spanyol merupakan rekor terbanyak sepanjang sejarah final Piala Eropa dan Piala Dunia.

 

  • Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, menjadi pelatih kedua yang mengawinkan Piala Eropa dengan Piala Dunia. Sebelumnya prestasi ini pernah dibuat Helmut Schoen, pelatih Jerman Barat. Tim asuhannya berhasil membawa tropi Eropa 1972 dan Dunia dua tahun sesudahnya

 

  • Fernando Torres, striker pertama yang mencetak gol di dua final Piala Eropa. Sepatu emas Euro 2012 emas yang diraihnya, mencatatkan juga nama Torres sebagai pemberi assist dengan jumlah turun menit lebih sedikit dari pemain Jerman, Mario Gomez yang juga memiliki tiga gol.

 

  • Tim Matador tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di Kejuaraan Eropa. Spanyol juga tercatat belum kebobolan dalam lima laga terakhir.

 

  • Kekalahan terakhir Spanyol di Kejuaraan Eropa adalah kekalahan 2-0 dari Swedia di babak kualifikasi pada tahun 2006.

 

  • Di Piala Eropa, Spanyol merupakan tim ketiga yang mampu mencetak dua gol sebelum turun minum. Catatan ini sempat dibuat Italia saat mengalahkan Yugoslavia 2-0 pada 1968, dan ditorehkan Republik Ceko saat mengalahkan Jerman Barat lewat adu penalti 1976, Sebelumnya Rapublik Ceko memimpin 2-1 di babak pertama.

 

  • Penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas merupakan pemain kedua setelah Franz Beckenbauer (1972-1976) yang berlaku sebagai kapten tim di tiga Piala Eropa dan Piala Dunia.
Reporter : Angga Indrawan
Redaktur : Heri Ruslan
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Era Konversi Digital Ancam 'Layar Tancap'
ILLINOIS -- Pada akhir 2013 mayoritas studio film AS telah berhenti mendistribusikan film seluloid dalam format 35 milimeter, membuat berbagai bioskop independen semakin...