Kamis 26 Apr 2012 07:30 WIB

Mertesacker Optimis Perkuat Lini Belakang Jerman

 Pemain Bolton, David N'Gog (bawah) saat berebut bola dengan pemain belakang Arsenal Per Mertesacker dalam lanjutan liga Inggris di The Reebok Stadium, Bolton, Inggris, (1/2) 2012
Foto: AP Photo
Pemain Bolton, David N'Gog (bawah) saat berebut bola dengan pemain belakang Arsenal Per Mertesacker dalam lanjutan liga Inggris di The Reebok Stadium, Bolton, Inggris, (1/2) 2012

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pemain Arsenal asal Jerman, Per Mertesacker menyatakan kesiapannya membela timnas Jerman dalam Euro 2012. Hal itu diutarakannya kepada pelatih timnas Jerman, Joachim Loew untuk bisa memilihnya masuk dalam skuat.

Bek tengah berusia 27 tahun ini sebelumnyaabsen karena menderita cedera pergelangan kaki saat The Gunners menang 2-1 atas Sunderland di kancah Liga Utama Inggris pada Februari. Ia pun berharap telah pulih sepenuhnya untuk Euro 2012 yang akan dimulai pada 8 Juni.

Mertesacker sendiri menganggap cederanya itu sebuah berkah. Pasalnya, Mertesacker dapat fokus dalam kebugarannya. "Saya berharap demikian, dan saya pikir saat Euro dimulai, saya akan mencapai level kebugaran yang belum pernah ada sebelumnya," kata Mertesacker kepada majalah olahraga Jerman, Bild.

Sementara itu Loew mengatakan bahwa ia mengharapkan bintang muda Jerman, Mario Goetze dan Marco Reus, untuk memainkan peran kunci untuknya di Euro 2012. Gelandang Dortmund, Goetze, yang akan berusia 20 tahun pada 3 Juni, dan pemain Moenchengladbach, Reus, sangat menawan pada musim ini.

Reus (22), yang menempati posisi gelandang serang, telah mencetak 16 gol untuk membantu upaya Gladbach meraih satu tiket Liga Champions.

Goetze baru saja kembali bermain setelah absen selama lima bulan, namun ia tampil menawan sejak awal musim untuk membawa Dortmund mempertahankan gelar juara Liga Jerman, dan ia juga memimpin Jerman menang 3-2 atas Brazil pada Agustus silam.

Baik Reus, yang telah empat kali memperkuat timnas, dan Goetze, yang telah mencetak dua gol dari 12 penampilan internasionalnya, masih kurang pengalaman, namun Loew mendukung mereka berdua.

"Saya percaya keduanya akan memainkan peran yang lebih dari sekedar pengisi bangku pemain cadangan bagi kami di Euro," ucapnya.

Loew akan mengumumkan daftar pemainnya untuk Euro 2012 pada Senin 7 Mei, dan mengatakan hanya 'empat atau lima' posisi yang masih belum pasti.

Jerman berada di Grup B bersama Belanda, Portugal, dan Denmark, dan bersama dengan juara bertahan Spanyol, Loew mengatakan bahwa Italia dan Prancis akan menjadi kuda hitam pada Euro 2012 yang akan dimulai pada 1 Juli.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement