Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Ketika Alexis Sanchez Hadir, Rekor Jersey Hingga Medsos

Sabtu 10 February 2018 16:21 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez

Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Kehadiran Alexis Sanchez telah mencatatkan rekor baru pada Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penjualan kaos alias jersey striker anyar Alexis Sanchez telah mencetak rekor baru untuk Manchester United (MU). Hasil penjualan jersey mantan bintang Arsenal itu membuat pendapatan MU naik empat persen pada kuartal tersebut.

Setelah sempat merugi 21,1 juta poundsterling di pengujung 2017, pendapatan United pun naik tajam. Pemasukan klub menjadi 163,9 juta poundsterling sekaligus menuju proyeksi keuntungan 585 juta pounds pada 2018.

Sebagai hasilnya, pengeluaran putaran kali ini menyertakan pajak non-kas sebesar 48,8 juta pounds. Penjualan jersey dengan nomor punggung 7 itu mencapai tiga kali lipat dan mencatat jumlah penjualan tertinggi untuk MU.

"Alexis Sanchez telah mencatatkan rekor baru di Januari dalam hal penjualan jersey, tiga kali lipat rekor sebelumnya," ujar Chief Executive MU Ed Woodward, dilansir laman resmi klub, Sabtu (10/2).

photo

Alexis Sanchez

Menurut Ed Woodward kedatangan Sanchez memang investasi bagi masa depan tim. Manajemen Iblis Merah pun, lanjutnya, menatap sisa musim dengan keyakinan.

Tak hanya mengukir rekor dari penjualan jersey, sang rekrutan anyar juga paling menyita perhatian di akun media sosial (medsos) United. Catatan ini kembali memecahkan rekor baru.

Tingginya jumlah warganet yang merespons postingan akun United tentang Sanchez, tentu menjadi angin segar dari segi bisnis klub. Hal itu juga menjadi bahan untuk meyakinkan para investor.

Salah satunya saat postingan Sanchez diperkenalkan resmi berseragam MU menjadi viral di media sosial Instagram. Tak kurang dari dua juta orang yang menyukai sekaligus mengirim komentar terhadap pengumuman penandatanganan pemain Cile pada 22 Januari lalu tersebut.

photo

Alexis Sanchez

Pada akun Facebook, postingan soal kedatangan Sanchez juga menjadi jumlah yang paling banyak dibagikan oleh klub dan menjadi retweet paling banyak sepanjang sejarah di akun Twitter.

Dengan lebih dari 158 ribu retweets, postingan United yang memperkenalkan Sanchez menghasilkan 211 ribu like dan 14 ribu komentar. Tagar Alexis7 sempat menjadi trending topic nomor satu seluruh dunia di media sosial Twitter.

"Untuk memasukkan semua itu ke dalam konteks, pengumuman tersebut menghasilkan 75 persen lebih banyak interaksi daripada pengumuman penjualan pemain termahal di dunia musim panas lalu, saat Neymar pindah dari Barcelona ke PSG," lanjut Woodward.

Dalam perkembangan lainnya, MU melaporkan kenaikan 15 persen untuk jumlah keanggotaan klub menjadi 10 ribu anggota. Situs resmi klub, manutd.com, adalah situs klub olahraga yang paling banyak dikunjungi secara global dan United juga merupakan klub sepak bola yang paling cepat berkembang di Twitter. Sejak awal musim, Woodward mengatakan United telah menghasilkan 25,5 juta interaksi di dunia maya.

photo

Sanchez pemain dengan gaji termahal di Liga Inggris

Tak sampai di situ, pertumbuhan pelanggan produk konsumen MUTV juga meningkat 40 persen, terutama dari Amerika Serikat, Cina, India, dan Thailand. Sanchez pindah ke Old Trafford dari Arsenal dalam kesepakatan pertukaran dengan Henrikh Mkhitaryan pada Januari lalu.

Kesepakatan tersebut membuat Sanchez menjadi pemain dengan bayaran tertinggi dalam sejarah Liga Primer Inggris. United membayar uang muka 14 juta poundsterling untuk mendapatpan pemain berusia 29 tahun itu. Sanchez mendapat gaji 26 juta pounds, bonus 20 juta pounds, dan sekitar 10 juta pounds untuk agen pemain Fernando Felicevich.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES