Sunday, 2 Muharram 1436 / 26 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wiel Coerver, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Meninggal Dunia

Saturday, 23 April 2011, 20:00 WIB
Komentar : 2
DeStentor.nl
Wiel Coerver
Wiel Coerver

REPUBLIKA.CO.ID, KERKRADE -- Mantan pelatih tim nasional Indonesia yang juga legenda Belanda, Wiel Coerver, menghembuskan nafas terakhirnya di kampung halamannya, Kerkrade, Jumat (22/4) pagi waktu setempat. Coerver meninggal pada usia 86 tahun karena sakit radang paru-paru.

Coerver yang lahir pada 3 Desember 1924 memenangi Kejuaraan Belanda 1956 ketika memperkuat Rapid JC (sekarang) Roda JC. Pada periode 1975 sampai 1976, Coerver menukangi skuat Merah Putih. Dia didatangkan khusus untuk membantu timnas Indonesia lolos kualifikasi Olimpiade 1976. Saat itu, Indonesia baru kembali ke pentas internasional setelah dijatuhi sanksi larangan tampil selama 16 tahun akibat memboikot pertandingan kualifikasi Piala Dunia 1958 melawan Israel.

Kemampuan Coerver menukangi timnas hampir sulit dicari tandingannya. Pria yang meletakan pondasi sepak bola Indonesia ini pun disebut-sebut pelatih asing paling sukses menangani timnas Merah Putih. Indonesia nyaris saja berlaga di Olimpiade yang digelar di Montreal, Kanada. Skuat Merah putih berhasil melaju ke final kualifikasi. Sayangnya, pasukan Garuda harus tersingkir setelah ditundukan Korea Utara melalui drama adu penalti, 4-5.

Prestasi manis Coerver selama menjadi pelatih, yaitu mengantar Feyenoord mengalahkan Tottenham Hotspur untuk memenangi Piala UEFA 1974 silam. Gerrad Meijer yang bertugas sebagai fisioterapis di Feyenoord selama 50 tahun, mengatakan, Coerver merupakan sosok dengan semangat yang tinggi.

Ketika baru tiba di Feyenoord, dasar-dasar sepak bola menjadi materi utama Coerver. Teknik yang diajarkan Coerver membuat para pemain benar-benar berkembang. "Setiap pelatih mengandalkan pada kemampuan para pemainnya. Tapi, ketika anda mendapatkan titel yang besar, pelatih-lah yang memainkan peranan besar," kata dia seperti dilansir laman resmi UEFA.

Selain Indonesia dan Feyenoord, Coerver juga pernah melatih Sparta Rotterdam, Roda JC Kerkrade dan Go Ahead Eagles. Namun, bukan kiprahnya sebagai pelatih yang membuat Coerver terkenal di persepakbolaan Internasional. Dia terkenal dengan metode kepelatihannya yang disebut Coerver Method. Metode ini dinilai sebagai sistem kepelatihan paling sukses di era sepak bola modern.

Metode ini menggabungkan kemampuan pesepak bola menggiring bola, mengoper, kecepatan, pergerakan satu-lawan-satu, dan penyelesaian. Program ini sudah digunakan pemain-pemain dari klub papan atas Eropa, seperti Ruud van Nistelrooy, Arjen Robben dan Cristiano Ronaldo.

Reporter : Ratna Puspita
Redaktur : Agung Vazza
Sumber : UEFA
Tetangga adalah orang yang paling berhak membeli rumah tetangganya.((HR. Bukhari dan Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Doyan Minum Soda Tampak Lebih Tua?
SAN FRANSISCO -- Sebuah studi menemukan minuman bersoda dapat membuat sel-sel tertentu dalam tubuh menua lebih cepat. Peneliti University of California, San Fransisco menyimpulkan...