Selasa 12 Jun 2018 19:33 WIB

Polda Jabar Siapkan Pengamanan Maksimal di Asian Games 2018

Jawa Barat akan menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan olahraga.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Endro Yuwanto
Warga berjalan di samping maskot Asian Games 2018 di Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/5).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Warga berjalan di samping maskot Asian Games 2018 di Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/5).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, aparat kepolisian siap mengamankan pelaksanaan Asian Games 2018. Jabar akan menjadi bagian tuan rumah bersama dengan DKI Jakarta dan Sumatra Selatan.

"Kami di Jabar pengamanan akan maksimal. Saya sudah meninjau seluruh venue yang digunakan," kata Agung di Limbangan, Garut, Jabar, Selasa (12/6).

Agung mengatakan, Jawa Barat akan menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan olahraga, seperti paralayang di Bogor dan sepak bola di Bandung. Ia mengaku, pengerahan aparat keamanan akan disesuaikan dengan animo penonton. "Untuk pertandingan sepak bola yang melibatkan Indonesia, misalnya, aparat akan dikerahkan lebih banyak," jelasnya.

Polisi juga akan fokus mengamankan lokasi akomodasi para atlet dan ofisial. Selain itu, pusat perbelanjaan juga menjadi titik yang akan diamankan mengingat para tamu negara tersebut berpotensi melakukan wisata belanja. "Termasuk rute perjalanan dari tempat akomodasi hingga venue akan mendapatkan pengawalan maksimal," kata Agung.

Agung mengaku, kepolisian akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk TNI untuk menjaga kelancaran pesta olahraga terbesar di Benua Asia itu. "Kami nanti gabungan dengan TNI karena anggota kami tidak mencukupi. Juli akan diumumkan berapa jumlah pasti personel yang dikerahkan," ujar dia menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement