Jumat 25 May 2018 13:12 WIB

Menpora Tinjau Atlet yang Berlatih di Tengah Laut

Cabang olahraga layar menargetkan dua emas di ajang Asian Games 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Hazliansyah
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memakai peci hitam untuk promosi Asian Games 2018 di Kantor Wakil Presiden, Rabu (23/5). 
Foto: Republika/Rizky Jaramaya
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memakai peci hitam untuk promosi Asian Games 2018 di Kantor Wakil Presiden, Rabu (23/5). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memantau persiapan atlet Indonesia menuju Asian Games 2018 dengan mengunjungi pelatnas cabang olahraga layar di Ancol, Jakarta Utara. Menpora bahkan tidak segan menyusul para atlet yang sedang berlatih di tengah laut dengan menggunakan kapal speed, Kamis (24/5) kemarin.

Menpora yang didampingi Ketum PB Porlasi Darwanto dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana menghampiri salah satu atlet di Kapal Hobie 16 Katamaran untuk ikut merasakan langsung sensasi berlayar bersama dua atlet.

"Saya ingin terus mengawal teman-teman semua dalam berlatih hingga bertanding, komitmen Porlasi (Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia,red) tidak hanya meraih medali dan memperbaiki peringkat tetapi emas dan martabat untuk bangsa," ujar Menpora Imam Nahrawi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (25/5).

Menpora mengaku senang karena PB Porlasi berkomitmen dan optimis meraih dua medali emas sebagai target di ajang Asian Games Agustus mendatang.

"Komitmen Ketua Umum Porlasi dan kita semua adalah kabar indah dan optimisme itu betul-betul nyata di lapangan karena ada target dua medali emas dari layar ini," ucap Menpora.

Pada kesempatan itu Menpora mendengar langsung keluhan atau kekurangan yang dihadapi para atlet. Salah satunya dari segi peralatan yang dibutuhkan. Untuk itu Menpora berjanji segera mengatasi kebutuhan yang diperlukan para atlet.

"Jika saya tidak datang, maka mungkin saya tidak dengar apa yang kurang di layar. Kami berkomitmen akan ada alat tambahan baru dari dana yang telah diberikan pemerintah dan komitmen besar itu kita akan tambahkan lagi. Nilainya tidak banyak jika dibandingkan dengan komitmen luar biasa untuk mempersembahkan dua medali emas," katanya.

Tak hanya di cabor layar, di beberapa cabor lain Menpora juga sangat memperhatikan.

"Yang terpenting adalah mengawal semangat dan mental para atlet agar tidak patah arang ketika berhadapan dengan negara lain, terlebih kita adalah negara maritim, saya harap peralatan baru ini bisa digunakan saat Asian Games dan menambah kepercayaan diri optimisme dan keyakinan harus bertambah," tambahnya.

Ketua Umum PB Porlasi Darwanto menyampaikan pelatnas Porlasi telah dimulai dari bulan November 2017 dibarengi dengan Salling Camp ke liar negeri seperti India, Singapura dan Korea.

"Kesiapan atlet sudah 100 persen menjelang Asian Games kita menargetkan dua medali emas, peluangnya di /windsurfing dan laser dengan dasar satu area lomba sudah kita kuasai," tegas Darwanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement