Senin 14 May 2018 02:16 WIB

Sandi Khawatir Libur Sekolah Saat Asian Games tak Efektif

Libur sekolah justru dimanfaatkan untuk keluar Jakarta selama penyelenggaraan.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
Sandiaga Uno
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengutarakan kekhawatiran jika sekolah diliburkan untuk Asian Games 2018 bakal tidak efektif. Libur sekolah justru dimanfaatkan untuk keluar Jakarta selama penyelenggaraan pesta olahraga terakbar di Asia tersebut. 

Sandiaga berharap para pelajar maupun orang tua murid bisa dengan bijak melihat keputusan yang nantinya ditelurkan. Jangan sampai, dia mengatakan, libur justru membuat orang tua murid mengajak anak-anaknya ke luar kota. 

“Kami harap murid dan orang tua tetap di sini untuk meramaikan Asian Games nanti," kata Sandiaga di Jakarta, Ahad (13/5).

Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum mengambil keputusan terkait libur atau tidaknya sekolah di Ibu Kota terkait Asian Games 2018. Sandiaga mengatakan Pemprov DKI segera mengambil keputusan terkait isu ini demi menyelaraskan dengan jalannya tahun ajaran di sekolah-sekolah.

photo
Wakil Prasiden Jusuf Kalla melepas peserta parade Asian Games 2018 di Silang Monas, Jakarta, Ahad (13/5). (Republika/Prayogi)

Politikus partai Gerindra ini mengatakan, Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas hal tersebut. Rencananya, FGD akan dilaksanakan di SMKN 27 Jakarta pada Senin (14/5) hari ini.

"FGD akan melibatkan stakeholder terkait. Diharapkan akan ada masukan untuk pengambilan keputusan Gubernur apakah sekolah akan diliburkan atau tidak selama Asian Games," kata Sandiaga 

Sandiaga mengatakan, selain membahas soal rencana meliburkan sekolah, FGD juga akan membicarakan soal pemanfaatan siswa/siswi Jakarta di Asian Games nanti. Sandiaga menilai para pelajar perlu memberikan andil dalam menyukseskan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut. 

Pejabat berusia 48 tahun ini mengatakan, hal terpenting dari keputusan hasil FGD nanti adalah efektivitas penerapannya. "FGD juga diharapkan dapat menyusun formula terkait bentuk partisipasi pelajar dalam Asian Games 2018 nanti," kata dia.

Asian Games 2018 akan diadakan di Indonesia kurang dari 100 hari lagi, tepatnya 18 Agustus sampai 2 September. Jakarta dan Palembang jadi dua kota utama yang didapuk sebagai lokasi penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan tersebut. 

Selain Jakarta dan Palembang, sebagian cabang olahraga juga dipertandingkan di Jawa Barat.

photo
Sejumlah peserta mengikuti acara parade Asian Games 2018 saat melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Ahad (13/5). (Republika/Prayogi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement