Selasa 01 May 2018 14:13 WIB

Kesiapan Venue Asian Games 2018 Sesuai Rencana

Persiapan venue pertandingan merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Lapangan baseball Kompleks Gelora Bung Karno.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Lapangan baseball Kompleks Gelora Bung Karno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan Asian Games 2018 menyisakan waktu 110 hari lagi. Pemerintah dan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) terus bekerja keras mempersiapkan segala hal untuk mendukung pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia ini. Persiapan venue pertandingan merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian banyak pihak.

Dengan berbagai tantangan dan kendala yang ada selama persiapan, Inasgoc telah berupaya maksimal untuk menyediakan venue yang memiliki standar internasional. Inasgoc yakin, kesiapan seluruh venue sesuai rencana.

Deputi I Bidang Games Operations INASGOC, Harry Warganegara, menyatakan, seluruh venue yang saat ini sedang dikerjakan sudah sesuai dengan rencana. Ditargetkan seluruhnya selesai pada awal Juni.

"Pekan lalu, untuk memastikan, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang juga ketua dewan penasehat Inasgoc melakukan kunjungan langsung ke beberapa venue yang masih dalam pengerjaan. Wapres meminta untuk dipercepat penyelesaiannya" ujar Harry ketika dihubungi, Republika.co.id, Selasa (1/5).

Harry optimistis seluruh venue akan siap. Untuk velodrome, venue sepeda BMX dan Jetski, pada Mei ini akan digelar test event Asian Games. "Jadi, dipastikan semua selesai sesuai dengan yang ditargetkan," kata dia.

Optimisme juga muncul dari para pengurus cabang olahraga (cabor) yang awalnya sempat khawatir dengan ketersedian venue. Ketua PB Persatuan Baseball Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi), Andika Monoarfa, menyatakan keyakinan venue baseball dan softball akan siap digunakan pada waktunya.

Untuk cabang baseball, saat ini telah siap satu buah lapangan di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan satu lagi sedang dalam pengerjaan di Rawamangun, Jakarta Timur oleh Pemerintah DKI. 

"Pada awalnya, lapangan Rawamangun tidak ada dalam rencana, akan tetapi terdapat permintaan tambahan lapangan dari Federasi Baseball Asia. Inasgoc bersama dengan Pemerintah DKI segera membangun lapangan tersebut dan bekerja keras untuk menyelesaikannya tepat waktu," kata Andika saat mengawasi jalannya test event Baseball di GBK, Senin (30/4).

Aditya Muflih Mahmud, atlet nasional baseball yang saat ini tengah menjalani persiapan Asian Games 2018 mengatakan, sebagai atlet sangat bangga dengan kerja Pemerintah dan Inasgoc untuk Asian Games 2018. "Melihat apa yang telah dipersiapkan, kita sebagai atlet terpicu untuk berjuang maksimal dalam rangka meraih prestasi tertinggi demi Merah Putih," kata Adit.

Ketua Umum Garuda Baseball Softball Club mengatakan, ketersediaan lapangan baseball dan softball Indonesia yang berstandar internasional akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan insan baseball-softball Indonesia.

"Saya sebagai ketua perkumpulan yang membina calon atlet nasional sangat berterima kasih kepada Pemerintah dan Knasgoc yang telah memberikan kami solusi terhadap kurangnya fasilitas berlatih selama ini," kata Ferry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement