Rabu 25 Apr 2018 21:10 WIB

Polri Siapkan Personel Terbaik untuk Amankan Asian Games

Kapolri telah berkoordinasi langsung dengan para Kapolda soal pengamanan Asian Games.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani
Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan akan menerjunkan personel terbaiknya untuk pengamanan Asian Games di Jakarta, Jawa Barat dan Sumatra Selatan pada Agustus hingga September mendatang. Terkait hal ini, Polri juga telah melakukan koordinasi langsung dengan para kapolda yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian melalui konferensi video pada Selasa (24/4).

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto menyatakan, Polri menyiapkan pengamanan dengan standar internasional. Pelaksanaan ini melibatkan seluruh potensi Polri yamg ada.

"Bahkan kita kerja sama dgn kepolisian atau aparat hukum negara tetangga khsusunya para peserta Asian games nanti ada 45 negara," kata Setyo di Markas Besar Polri, Jakarta, Rabu (25/4).

Bukan hanya soal pengamanan, Polri juga akan melakukan seluruh perencanaan lalu lintas oleh Korps Lalu Lintas Polri demi lancarnya transportasi saat pelaksanaan Asian Games. Simulasi lalu lintas akan mulai dilakukan setelah lebaran pada Juni mendatang.

Setyo pun mengaku telah mengunjungi sekretariat Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) secara khusus. "Saya dapat informasi kemarin waktu saya ke Inasgoc libur anak-anak sekolah diharapkan bisa membantu arus lalu lintas lebih lancar," kata Setyo.

"Kita akan siapkan semua all out Asian Games dari Palembang Jakarta dan Jawa Barat," ujarnya menegaskan.

Di samping tugas pokok tersebut, Setyo mengungkapkan, Polri juga ikut berpartisipasi untuk menggelorakann Asian Games ini. Dengan harapan, masyarakat ikut berpartisipasi dan mesukseskan Asian Games. Hal ini juga ditunjukkan dengan ornamen-ornamen Asian Games yang tampak terpajang di Markas Besar Polri.

Setyo juga sempat menyambangi beberapa arena yang akan di gunakan dalam Asian Games. Salah satunya arena untuk cabang Voli Air, disana nampak beberapa atlet yang sedang melakukan pelatihan. Setyo yang juga menjadi pembina atlet di Indonesia, khususnya olah raga menembak, menghimbau kepada jajarannya menggelorakan Asian Games agar masyarakat merasakan langsung kemeriahan ajang tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal pun menyatakan, dari tim pengamanan khusus juga akan diturunkan dalam pengamanan Asian Games. Persiapan apel Brigade Mobil telah digelar untuk pengamanan Asian Games tersebut.

Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana. "Korps Brimob sebagai bagian integral Polri siap mengawal, menjaga dan mengamankan agenda-agenda nasional", ujar Komandan Pasukan Gegana Brigadir Jenderal Polisi Imam Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement