Selasa 27 Mar 2018 06:31 WIB

Atlet Wushu Fokus Perbaiki Gerakan Vital

Atlet berputar di udara yang harus berakhir dengan mendarat dengan kuda-kuda sempurna

Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni.
Foto: EPA
Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet pemusatan latihan nasional cabang olahraga wushu untuk persiapan Asian Games 2018 fokus memperbaiki gerakan-gerakan vital yang sangat berpengaruh pada penilaian pertandingan. Ini diungkapkan pelatih wushu Indonesia Zhang Yue Ning, di Jakarta, Senin (26/3).

Gerakan yang diperbaiki, yakni atlet berputar di udara yang harus berakhir dengan mendarat dengan kuda-kuda sempurna dan tidak boleh gagal. Gerakan ini, kata pelatih berpaspor Cina tersebut, butuh dipertajam karena sulit. 

"Kalau gagal sedikit, ada pengurangan nilai yang cukup besar, terutama bagi atlet-atlet yang baru, muda dan junior secara keseluruhan," kata dia.

Terkait kondisi pemain pelatnas yang sudah berlatih sejak Desember 2017 sendiri, Zhang mengatakan semuanya memiliki grafik persiapan yang menanjak. Akan tetapi, perjalanan pemain Indonesia dalam Asian Games 2018 mendatang diprediksinya tidak akan mudah meski tim wushu Indonesia diperkuat pemain-pemain seperti Lindswell Kwok dan Juwita Niza.

(Baca juga: Wushu akan Kirim Atlet Training Camp di Cina)

"Ini tantangannya, karena mereka yang memperoleh medali Asian Games Incheon 2014 lalu, usianya semakin bertambah dan kondisi saat ini tidak seperti empat tahun lalu," ujarnya.

Terlebih, kata dia, ada cedera fisik karena otot sobek yang pasti banyak mempengaruhi atlet. Kondisi mereka, ungkapnya, tidak sebugar masa lalu.

Namun dia tetap yakin semua atlet akan siap berlaga tepat waktu pada saat Asian Games 2018 mendatang.

"Karena pelatih fisik dan teknik berikan program bertahap. Lalu ada tim massage yang membantu proses pemulihan supaya saat bertanding nanti Asian Games 2018 sudah benar-benar puncak penampilannya dan bisa tampil maksimal," kata Zhang menambahkan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement