Rabu 21 Mar 2018 22:21 WIB

Atlet Angkat Besi India Akui Asian Games Tantangan Utama

Persaingan di Asian Games lebih ketat dibandingan pertandingan Commonwealth

Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet putri angkat besi India Saikhom Mirabai Chanu mengakui pertandingan dalam Asian Games 2018 menjadi tantangan utama. Hal ini karena persaingan yang ketat dibanding Pertandingan Commonwealth pada April.

"Saya menyadari kompetisi dalam Pertandingan Commonwealth kurang begitu ketat dan ujian sebenarnya bagi saya adalah Asian Games," kata Chanu seperti tercantum dalam laman resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA), Rabu (21/3).

Chanu yang akan turun pada nomor kelas 48 kilogram putri itu mengatakan, pesaing utamanya pada Asian Games adalah atlet-atlet dari Cina, Korea Selatan, Korea Utara, dan Thailand.

"Atlet-atlet angkat besi Asia adalah atlet utama dunia dan itu akan menjadi ujian terberat saya. Maka, fokus utama saya tertuju pada Asian Games. Tapi, itu bukan berarti saya akan menganggap enteng Pertandingan Commonwealth," katanya.

Chanu meraih medali emas dalam Kejuaraan Angkat Besi Dunia pada November 2017 setelah mendapatkan total angkatan 194 kilogram, angkatan snatch 85 kilogram dan angkatan clean and jerk 109 kilogram.

"Saya saat ini masih berlatih untuk Pertandingan Commonwealth dan Asian Games. Sistem pelatihan yang terencana dari pelatih mampu meningkatkan kemampuan angkatan saya mencapai 25 kilogram," katanya.

Pada Februari, Chanu meraih gelar Atlet Angkat Besi 2018 dalam Anugrah Olahraga India Mahindra Scorpio Times setelah merebut juara dunia 2017.

Terkait pertandingan angkat besi dalam Asian Games, OCA telah mengirim surat kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI), pada Selasa (8/3), tentang nomor kelas 62 kilogram cabang angkat besi yang tetap digelar dalam Asian Games 2018.

Keputusan OCA untuk menambah kelas 62 kilogram itu berarti menambah total kelas pertandingan cabang angkat besi menjadi 15 kelas yaitu delapan kelas putra dan tujuh kelas putri.

Pada kelas pertandingan putra, nomor-nomor pertandingan yang akan digelar dalam Asian Games adalah nomor 56 kilogram, nomor 62 kilogram, nomor 69 kilogram, nomor 77 kiogram, nomor 85 kilogram, nomor 94 kilogram, nomor kelas 105 kilogram, dan nomor kelas +105 kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement