Kamis 22 Mar 2018 06:00 WIB

Lapangan dan Lampu Jadi Pekerjaan Rumah di Istora Senayan

Bulu tangkis dan bola basket sama-sama akan menggunakan Istora.

Para atlet bertanding dalam laga Daihatsu Indonesia Master 2018 setelah seremoni peresmian renovasi Istana Olahraga (Istora) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, sore ini, Selasa (23/1).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Para atlet bertanding dalam laga Daihatsu Indonesia Master 2018 setelah seremoni peresmian renovasi Istana Olahraga (Istora) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, sore ini, Selasa (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persoalan lapangan dan pencahayaan akan menjadi pekerjaan rumah tersulit untuk mentransformasikan penggunaan Istana Olahraga (Istora) Senayan, Jakarta, dari yang sebelumnya digunakan cabang olahraga bulu tangkis ke bola basket. Perubahan peruntukan penggunaan itu akan terjadi pada perhelatan Asian Games 2018.

Bulu tangkis dan bola basket 5x5 berbagi venue yang sama di Istora Senayan. "Yang bakal sulit dan menjadi pekerjaan rumah adalah soal lapangan dan lampu pertandingan karena dua hal tersebut berbeda kebutuhannya," kata manajer arena (manajer venue) bola basket Riska Natalia Dewi di Istora, Senayan, Rabu (21/3).

Bulu tangkis dan bola basket diinformasikan sama-sama akan menggunakan Istora. Selepas bulu tangkis yang kemungkinan akan menghabiskan waktu dua pekan, bola basket 5x5 akan menggunakan Istora untuk partai semifinal dan final yang jaraknya satu hari selepas bulu tangkis rampung menggelar pertandingannya.

Dari aspek lapangan pertandingan, Riska menjelaskan, karpet pertandingan yang digunakan untuk basket pasti berbeda sehingga perlunya bongkar pasang termasuk pemasangan ring. Selanjutnya adalah lampu untuk pencahayaan pertandingan, yang menurut Riska, tidak bisa menggunakan model lampu saat ini di Istora yang memang diperuntukan bagi pertandingan bulu tangkis.

Namun dengan jarak waktu yang hanya satu hari untuk persiapan di Istora, Riska mengatakan tidak mungkin lampu yang minimal berkekuatan 2.000 lux tersebut dipasang dalam jangka waktu itu. "Kemungkinan kami akan set up lampu sebelum bulu tangkis bermain, kemungkinan pasangnya di catwalk atas itu. Hal tersebut juga karena untuk pemasangan lapangan saja butuh waktu 5-6 jam," kata Riska.

Menurut Riska, bola basket yang akan memainkan pertandingan babak kualifikasi hingga perempat final di hall basket Senayan, sebelum pindah venue ke Istora untuk semifinal dan final, memang harus melakukan penyesuaian untuk operasional pertandingan. Terutama soal pintu keluar masuk, layout arena pertandingan, jalur tenaga medis, dan penempatan boks VIP dan media. "Ini memang harus disesuaikan dan sudah dibicarakan bersama."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement