Ahad 18 Mar 2018 21:09 WIB

Persiapan Pembukaan Asian Games 2018, INASGOC: Semua Aman

Kesiapan Asian Games diminta sudah harus 100 persen

Rep: Santi Sopia/ Red: Hazliansyah
Ratas Persiapan Asian Games 2018. Rapat terbatas terkait persiapan Asian Games 2018 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3).
Foto: Republika/ Wihdan
Ratas Persiapan Asian Games 2018. Rapat terbatas terkait persiapan Asian Games 2018 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Deputi I INASGOC Harry Warganeara menegaskan persiapan untuk pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang terus dilakukan. Persiapan terus digenjot, termasuk sarana dan prasarana serta kesiapan atlet.

"Semua aman. Kita prediksi 15 ribu atlet dan official akan hadir," kata Harry melalui pesan singkat kepada Republika.co.id, Ahad (18/3).

INASGOC sudah menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, 6 Maret lalu. Kesiapan Asian Games diminta sudah harus 100 persen.

Tiga hal pokok yang ditekankan, antara lain, sarana olahraga dan sarana pendukungnya, termasuk perkampungan atlet. Lalu, teknis pelaksanaan, termasuk soal lalu lintas, akomodasi, konsumsi, ketepatan jadwal perjalanan, serta kesiapan pemandu acara.

Ketiga, terkait persiapan atlet yang akan bertanding.

"Insya Allah (100 persen). Atlet 15 ribu, 12 ribu di Jakarta dan tiga ribu-an di Palembang," tuturnya.

Harry mengatakan, seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games dibantu penyelenggara dari luar negeri. Dia juga menjamin kesiapan listrik yang diurus sepenuhnya oleh PT PLN (Persero).

PLN Distribusi Jakarta Raya sudah menyiapkan tiga lapis pengamanan pasokan listrik. Listrik akan dipasok dari dua sumber.

Dengan menyediakan enam buah UPS dengan kapasitas masing-masing 500kVA dan 30 buah dengan kapasitas masing-masing 30 kVA, dijamin kedip pun tidak akan terjadi.

Asian Games 2018 diadakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Penyelenggaraan di dua kota sekaligus akan menjadi yang pertama dalam sejarah.

Ada sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga Olimpiade dan 8 cabang olahraga non Olimpiade yang dipertandingkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement