Rabu 28 Feb 2018 18:39 WIB

Asian Games, Kawasan Olahraga Jakabaring akan Bebas Polusi

Kendaraan yang beroperasi di Jakabaring adalah mobil dengan emisi rendah.

Sejumlah pekerja memasang kerangka tower arena Sport Climbing, di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (28/2).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Sejumlah pekerja memasang kerangka tower arena Sport Climbing, di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (28/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kawasan Jakabaring, Palembang, akan dijadikan kawasan bebas polusi. Kendaraan yang beroperasi di areal tersebut saat pelaksanaan Asian Games Agustus 2018 adalah mobil dengan emisi rendah.

"Dijadikannya kawasan tersebut menjadi areal bebas polusi supaya para atlet dan peserta pesta olahraga akbar mendatang menjadi nyaman dengan udara yang segar," ujar Sekda Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Rabu (28/2).

Kawasan olahraga bertaraf internasonal itu akan dijadikan areal hijau karena seluruh kendaraan yang operasional nantinya rendah emisi. Bahkan, nantinya mobil operasional di areal itu seperti kendaraan elektrik dan berbahan bakar gas yang akan mengangkut atlet bertanding pada pesta olahraga ingernasional mendatang.

Atlet yang bertanding nantinya dapat menggunakan mobil antara lain berbahan bakar gas serta rendah emisi lainnya. Dia mengatakan begitu pula bila atlet yang akan masuk ke kawasan olahraga terpadu tersebut akan dijemput menggunakan mobil yang telah disediakan yang kesemuanya menggunakan bahan bakar rendah emisi.

"Jadi setelah sampai di pintu gerbang stadiun Jakabaring panitia telah menyiapkan angkutan," kata dia.

Kawasan tersebut juga akan dilengkapi penerangan yang bebas polusi seperti pembangkit listrik tenaga surya. "Pembangkit listrik tenaga surya tersebut sekarang ini sedang dikerjakan dan dalam waktu dekat ini akan didapat dimanfaatkan," ujar dia.

Selain itu juga kawasan tersebut akan dijadikan areal hijau karena taman yang mengelilingi sekitar kawasan tersebut akan ditata secara rapi. Penataan taman di areal tersebut telah dianggarkan melalui program lanskap dengan biaya puluhan miliar.

"Dengan dijadikannya kawasan olahraga Jakabaring Palembang menjadi areal hijau dan bebas polusi sehingga daerah ini semakin maju dan berkembang," tambah dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement