Selasa 13 Feb 2018 03:14 WIB

Pertina: Test Event Jadi Kualifikasi Asian Games

Hasilnya bakal menentukan tim yang akan diturunkan di Asian Games 2018.

Petinju Putra Indonesia Blasius Kali Mario (biru) saling melancarkan pukulan saat berhadapan dengan petinju China Wei Tu Po saat tarung pada kelas 49 kg, di ajang Invitation Tournament Asian Games 18 di Jakarta, Ahad (11/2).
Foto: Darmawan / Republika
Petinju Putra Indonesia Blasius Kali Mario (biru) saling melancarkan pukulan saat berhadapan dengan petinju China Wei Tu Po saat tarung pada kelas 49 kg, di ajang Invitation Tournament Asian Games 18 di Jakarta, Ahad (11/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Tinju Amatir Indonesia menyatakan turnamen uji coba (test event) Asian Games cabang tinju pada 11-15 Februari 2018 menjadi salah satu kualifikasi. Hasilnya bakal menentukan tim yang akan diturunkan di Asian Games 2018.

"Test event ini dan turnamen yang akan diikuti setelahnya akan menjadi fase kualifikasi para petinju untuk menentukan tim Asian Games 2018," kata pelatih pelatnas tinju, IGM Ade Swandana di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin (12/2).

Dengan demikian, kata Adi, tim yang turun di test event bertajuk Turnamen Invitasi Asian Games 2018 yang merupakan tim putih akan beradu kualitas dengan tim merah yang baru pulang dari Kejuaraan Tinju India Terbuka 2018. "Memang rencana federasi seperti itu, latihan disamakan, kesempatan disamakan, dan kesempatan disamakan sehingga memotivasi dirinya untuk lebih baik, dan siapa yang terbaik, ya itu yang akan dikirim Asian Games 2018," kata Ade.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pertina Brigjen Johanis Asadoma mengatakan tim putih dalam test event ini diasosiasikan sebagai tim pelapis. Kendati demikian, bukan berarti tim merah yang disebut sebagai kekuatan utama tinju Indonesia pasti dikirim ke Asian Games 2018.

"Meski disebut sekarang tim merah utama dan tim putih pelapis, tapi tak ada jaminan tim merah pasti lolos ke Asian Games. Jika ternyata dalam perjalanan tim putih ada yang bagus baik di latihan, maupun uji coba, maka bisa saja mereka yang dikirim ke Asian Games," ujar Johanis.

Dalam test event tinju Asian Games 2018 yang dihelat di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Indonesia mengirimkan enam petinju ke fase semi final, di mana tiga di antaranya langsung bermain di semifinal karena hanya diikuti empat peserta. Tiga lainnya mendapatkan tiket empat besar usai melewati putaran perempat final dengan hasil positif.

Mereka yang melangkah ke semifinal dengan hasil positif di delapan besar adalah, Matius Mandiangan di kelas ringan (60 kg) putra, Aldryani Beatrichx Sugoro kelas terbang (48-51 kg) putri, dan Mario Blasius Kali di kelas terbang ringan (46-49 kg) putra.

Sementara yang langsung bermain di semifinal adalah Grece Savon Simangunsong di kelas welter (69 kg) putra, Libertus Gha di kelas welter ringan (64 kg) putra, dan Novizar Maulina di kelas ringan (57-60 kg) putri. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement