Jumat 26 Jan 2018 06:15 WIB

Misi Hendra Setiawan Bidik Emas Ketiga Asian Games

Hendra dipanggil kembali ke Pelatnas Cipayung untuk Piala Thomas dan Asian Games.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain spesialis ganda putra, Hendra Setiawan
Foto: PBSI
Pemain spesialis ganda putra, Hendra Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis Hendra Setiawan mulai awal tahun ini kembali masuk ke Pelatnas Cipayung Jakarta. Kehadirannya diharapkan mampu memperkuat Indonesia pada Piala Thomas 2018 dan Asian Games 2018. Hendra pun melontarkan keinginan meraih medali emas ketiga di Asian Games.

"Keinginan saya tentu ingin mempertahankan medali emas Asian Games yang diraih tahun 2014 di Incheon," ujar Hendra saat ditemui di Istora Senayan Jakarta, Kamis (25/1).

Penampilan Hendra di Asian Games terbilang luar biasa. Pada Asian Games 2006 Doha, Qatar, ia meraih perunggu bersama Markis Kido. Empat tahun berikutnya, pasangan ini mengubah perunggu menjadi emas pada Asian Games 2010 Guangzhou. Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, ia kembali meraih medali emas, kali ini berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

Hendra dipanggi ke Pelatnas Cipayung usai menjuarai Kejurnas 2017 di Batam bersama Mohammad Ahsan. Sebelumnya, Hendra sempat memutuskan keluar dari Cipayung karena ingin memeberi kesempatan kepada para juniornya.

Pelatih ganda putra Pelatnas Cipayung Hery Iman Pierngadi membutuhkan pemain yang sudah matang untuk mendampingi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang menjadi tumuan utama. Sebab, pemain ganda putra lainnya belum konsisten di persaingan dunia.

Namun Hendra tidak lantas dipasangkan dengan Ahsan di Indonesia Masters 2018. Hendra bermain dengan Rian Agung Saputro. Baru pada India Open 2018 yang berlangsung pekan depan mereka akan memulai comeback pada turnamen resmi.

"Di Pelatnas Cipayung saya sudah berlatih dengan Ahsan, tetapi di ajang resmi baru India Open 2018. Target utama saya adalah Piala Thomas dan Asian Games. Sebagai juara bertahan Asian Games tentu saya ingin mempertahankan gelar," ujar Hendra.

Hendra siap dipasangankan dengan siapa saja. Namun menurutnya akan lebih baik jika dipasangkan dengan Ahsan. Ia merasa, masa yang lama berpasangan membuat mereka sudah saling mengetahui. 

"Jadi tidak perlu waktu untuk adaptasi. Kalau sama yang lain pasti butuh waktu penyesuaian. Tetapisemua tergantung pelatih," kata dia.

Sebelumnya Mohammad Ahsan juga menyatakan keinginannya untuk tampil di Asian Games 2018. Ia bertekad mempertahankan medali emas Asian Games 2014. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement