Ahad , 01 Oktober 2017, 16:00 WIB

Jam 'Watoe' Raih Penghargaan Kriyanusa Tingkat Nasional

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Republika/ Wihdan Hidayat
Pembukaan Pameran Kriyanusa. Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Pembukaan Pameran Kriyanusa di Balai Sidang Jakarta, Rabu (27/9).
Pembukaan Pameran Kriyanusa. Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Pembukaan Pameran Kriyanusa di Balai Sidang Jakarta, Rabu (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kabupaten Sleman kembali menorehkan nama dalam pameran kerajinan tingkat nasional. Kali ini, dicatat Hiro Prabantoro Craft Innovator yang mendapat penghargaan dalam Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas) yang dibuka Presiden Joko WIdodo di Jakarta Convention Center, Rabu (27/9).

Dalam kesempatan itu, Hiro berhasil meraih Karya Kriya Unggulan Terbaik Kategori Batu lewat Jam Tangan Watoe, yang berhasil mengalahkan puluhan peserta lain. Usai menerima penghargaan, Hiro mengungkapkan, karyanya itu memang menonjolkan material khas Sleman. "Untuk jam batu ini, kita buat dari batu dari lereng Merapi," kaat Hiro, Ahad (1/10).

Ketua Dekarnas Daerah Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo menuturkan, itu merupakan salah satu kriya yang terbaik se-Indonesia. Menurut Sri, kriya itu berhasil menjadi salah satu dari tujuh kriya terbaik seluruh provinsi yang ada di Indonesia. "Di tingkat nasional sana diseleksi, kemudian diambil tujuh yang terbaik, dan alhamdulillah kita terpilih," ujarnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Sleman akan teurs berupaya memberdayakan pelaku inudstri kreatif yang ada, salah satunya membangun tempat khusus untuk menjual barang-barang hasil kreativitas masyarakat. Nantinya, semua bentuk kerajinan Sleman akan dijual di sana.

Kasi Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Muda Disperindag Kabupaten Sleman, Herry, mengaku bangga atas penghargaan yang kali ini diraih Hiro Prabantoro. Ia berharap, prestasi ini mampu memotivasi pelaku industri kreatif lain untuk terus mengembangkan karyanya.

"Ini bisa jadi branding untuk Sleman sebagai kabupaten yang melahirkan pengusaha muda yang kreatif," kata Herry yang mengaku akan menjalankan program Rumah Kreatif Sleman demi mendukung aspek tersebut.

Berita Terkait