Jumat , 17 Maret 2017, 06:14 WIB

Ini Kebiasaan Orang Indonesia Hadiahi Kado untuk Orang Tersayang

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Hufpost
Memberikan kado. Ilustrasi.
Memberikan kado. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memberikan kado atau hadiah menjadi salah satu cara ampuh untuk membahagiakan orang-orang tersayang terutama di hari spesialnya seperti momen ulang tahun. Tidak sedikit orang benar-benar mempersiapkan rencana yang matang agar tidak salah memilih hadiah.

Melalui sebuah survei, Lazada Indonesia menyebutkan orang Indonesia memiliki beberapa kebiasaan unik ketika hendak membeli hadiah. Survei dilakukan terhadap 1676 responden dengan jumlah responden pria 43 persen dan wanita 37 persen berusia antara 18-35 tahun.

"Masyarakat Indonesia biasanya meluangkan waktu untuk membeli hadiah terbaik," kata Head of Online Marketing Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, belum lama ini.

Seiring meningkatnya transaksi secara online, menurut Haikal, masyarakat Indonesia pun mencari referensi hadiah melalui internet. Sekitar 95 persen responden meluangkan waktu disela-sela kesibukan mereka baik pulang kerja atau dijam istirahat untuk memilih-nemilih hadiah dari internet. Tak hanya mencari referensi di internet, pembelian pun dilakukan secara online. Sebanyak 82 persen responden membeli hadiah online ketika berada di rumah.

Hasil survei juga menunjukkan sebanyak 75 persen responden membeli hadiah seminggu sebelumnya. "Tujuannya agar barang yang dipesan secara online diterima tepat waktu," kata Haikal. Haikal mengatakan hal ini jelas berbeda dengan kebiasaan orang luar negeri yang kebanyakan membeli hadiah secara offline pada saat momen itu telah tiba.