Sabtu, 27 Syawwal 1435 / 23 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Arkeolog Italia Klaim Temukan Kerangka Mona Lisa

Jumat, 20 Juli 2012, 13:00 WIB
Komentar : 2
ibiblio.org
Mona Lisa, Lukisan karya Leonardo Da Vinci
Mona Lisa, Lukisan karya Leonardo Da Vinci

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE-- Arkeolog Italia mengklaim menemukan sisa-sisa kerangka milik Lisa Gherardini. Gherardini diyakini sebagai sosok wanita yang menjadi subyek lukisan ikonik Leonardo da Vinci, Mona Lisa.

Dipimpin oleh sejarahwan seni, Silvano Vicenti, tim arkeologi menemukan sisa tulang di bawah lantai biara Saint Ursula di kota Florence, Italia. Di sana tim menemukan sebuah ruang bawah tanah dari batu bata yang berisi tengkorak wanita. Tim arkeolog yakin, ruang tersebut merupakan makam milik Gherardini.

Menurut peneliti, tulang-tulang yang ditemukan akan di uji di Universitas Bologna. Mereka ingin mengetahui apakah tulang tersebut cocok dengan tengkorak tang ditemukan sebelumnya. Mereka berupaya untuk merekonstruksi wajah wanita yang diduga model Mona Lisa tersebut. "Saya yakin akan menemukan sesuatu," ujar Vincenti pada kantor berita Italia ANSA yang dilansir Press TV.

Gherardini menikah dengan seorang pedagang sutra kaya di Florence bernama Francesco del Giocondo. Sosok Mona Lisa kerap diidentifikasikan sebagai dirinya, setelah ia menjadi biarawati sepeninggalan sang suami.

Gherardini meninggal di biara pada 15 Juli 1542. Ia wafat pada usia 63 tahun, dan diyakini dikuburkan di dalam biara tersebut. Pada Januari 2011, Vicenti mengatakan telah menemukan simbol dalam lukisan Mona Lisa yang mengidentifikasikan sang model. Untuk itu ia sangat yakin, bahwa kerangka yang baru ditemukannya tersebut merupakan sosok Mona Lisa dalam lukisan Da Vinci.

Mona Lisa merupakan salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Banyak perdebatan dikalangan seniman terkait sosok Mona Lisa dalam lukisan. Beberapa ada yang meyakini itu merupakan potret seorang pria. Banyak pula yang meyakini lukisan tersebut merupakan potret diri Da Vinci dalam sosok lain.

Reporter : Gita Amanda
Redaktur : Dewi Mardiani
Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar