Selasa, 7 Zulqaidah 1435 / 02 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ini Dia Tiga Negara Paling Sedikit Penduduk di Dunia

Kamis, 10 Mei 2012, 14:08 WIB
Komentar : 1
Australia, ilustrasi
Australia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda seberapa padat Indonesia, negara kita tercinta ini? Ternyata, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki tingkat kepadatan lumayan tinggi di dunia 126 jiwa per km2. Sedangkan wilayah terpadat di dunia adalah Makau dengan populasi sebanyak 17.684 jiwa per km2.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada juga negara yang jarang banget penduduknya? Ternyata, ada negara-negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah di dunia. Umumnya kepadatannya hanya dua jiwa per km2. Ini dia tiga negara yang paling sedikit penduduknya di dunia:

Namibia

Republik Namibia adalah sebuah negara yang terletak di sebelah barat Benua Afrika. Namibia sendiri berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah baratnya, lalu dengan Afrika Selatan di sebelah selatan, Botswana di sebelah timurnya dan Angola yang terletak di sebelah utara. 

Kepadatan penduduknya hanya sekitar 2,5 orang per kilometer. Namibia memiliki luas seperti Ontario atau Pakistan. Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah sebagian besar dari 2 juta penduduk yang menghuni Namibia mengidap penyakit HIV / AIDS.

 

Australia

Australia adalah negara persemakmuran Inggris. Negara Persemakmuran Australia ini sebenarnya adalah sebuah pulau benua. Pulau benua Australia ini mengapung diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. 

Benua Australia ini memiliki ukuran yang hampir mendekati luas Amerika Serikat yang memiliki 48 negara bagian yang berdekatan. Luasnya pun mencapai hampir 2 kali dari luas Uni Eropa. Namun, benua Australia sendiri hanya dihuni oleh 21 juta orang. Atau kepadatan penduduknya sekitar 2,6 jiwa per km2.

 

Suriname

Republik Suriname adalah sebuah negara yang terletak di bagian utara dari negara Amerika Selatan. Suriname sendiri berbatasan dengan Guyana di sebelah barat, Brazil di daerah selatan, Prancis di sebelah timurnya dan Samudra Atlantik di sebelah utara.

Luasnya hampir seukuran dengan Wisconsin Tunisia. Wilayah ini ditempati oleh 450 ribu jiwa dengan beragam bahasa yang dimiliki atau kepadatan penduduk hanya 2,7 jiwa per km2. 

Tolong, bandingkan dengan Indonesia!

 

 

 

 

 

 

 

 

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : apakabardunia.com
Siapa saja yang telah kami angkat untuk mengerjakan suatu pekerjaan/jabatan kemudian kami telah memberikan gaji, maka sesuatu yang diterima di luar gajinya yang sah adalah ghulul (korupsi)((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar