Sabtu, 21 Zulqaidah 1436 / 05 September 2015
find us on : 
  Login |  Register

Gila Kuda, Turkmenistan Gelar Kontes Kuda Tercantik

Selasa, 08 Februari 2011, 09:49 WIB
Komentar : 0
drinspirasi
kuda
kuda

REPUBLIKA.CO.ID, ASHGABAT--Kuda menempati status sangat penting di Turkmenistan. Sedemikian pentingnya hingga Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedov mengeluarkan dekrit presiden khusus untuk mengatur kontes kuda tercantik dan terbaik se-Turkmenistan.

Festival kuda cantik itu, dalam dekrit, diharuskan berlangsung tiap April. Kuda terbaik yang dinilai terutama dari bagian punggung, leher, dan kaki, akan mendapat gelar 'Wings of the Turkmen'. Kuda bersangkutan akan menjadi ikon promosi kuda pacuan di seluruh dunia.

Kuda Turkmenistan sudah sejak lama menjadi idaman karena kualitasnya yang sangat baik. Sejarah mencatat, Alexander The Great terpesona dengan kualitas kuda Turkmenistan dan meminta pasukannya untuk menggunakan kuda tersebut.

Di negara ini juga, kuda dilarang untuk dijadikan makanan. Bahkan sebagai hadiah kenegaraan, pemimpin Turkemnistan menghadiahkan sejumlah kuda jenis The Akhal Teke, ke pemimpin asing.

Sebegitu memuja kuda, mantan presiden Turkmenistan Saparmurat Niyazov, pernah membuat heboh pada 2004 karena dia membuka fasilitas senilai 20 juta dengan kolam renang, rumah sakit, dan kandang berpendingin udara, demi kuda!

Redaktur : Stevy Maradona
Sumber : Reuters
Anas Ra, pembantu rumah tangga Nabi Saw berkata, “ Aku membantu rumah tangga Nabi Saw sepuluh tahun lamanya, dan belum pernah Beliau mengeluh “Ah” terhadapku dan belum pernah Beliau menegur “kenapa kamu lakukan ini atau kenapa tidak kau lakukan ini.((HR. Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar