Senin, 26 Zulhijjah 1435 / 20 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Malam Ini Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus Berada dalam Satu Garis

Rabu, 07 Juli 2010, 04:43 WIB
Komentar : 0
Tata surya
Tata surya

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengatakan sejumlah planet di sistem tata surya seperti Merkurius, Venus, Mars, dan Saturnus akan tampak berada dalam satu garis lurus pada Selasa malam.

''Selasa malam ini akan terlihat lebih jelas dalam satu garis lurus, khususnya setelah Merkurius terbenam pukul 18.30 WIB, kemudian sekitar pukul 21.00 WIB menyusul Venus terbenam, lebih malam lagi Mars, dan Saturnus,'' kata peneliti Bidang Matahari dan Antariksa Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN, Abd Rahman, di Jakarta, Selasa (6/7).

Fenomena alam itu sayangnya tak bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Menurut Rahman, kejadian itu merupakan hal biasa dalam perputaran planet-planet atau benda ruang angkasa. Menurutnya, delapan planet yang mengitari matahari di tata surya ini memang berada dalam satu bidang ekliptika, sehingga jika dilihat dari bumi, maka akan mungkin untuk terlihat dalam satu garis lurus.

''Diibaratkan delapan planet ini merupakan bola-bola yang terletak pada satu meja datar, meskipun berserakan tetapi jika dilihat dari satu posisi dari sudut pandang suatu bola tertentu yang juga ada di meja itu, maka bisa saja seolah berada pada satu garis lurus,'' jelasnya.

Karena itu, Rahman mengimbau masyarakat untuk tidak percaya pada kabar burung yang mengatakan malam nanti bakal terjadi bencana. Sebelumnya, beredar kabar berantai bahwa NASA mengumumkan tepat pukul 5:00 pm waktu Greenwich atau pukul 12:00 WIB tengah malam ini planet Merkurius, Bumi, Venus, Uranus, dan Neptunus berada tepat satu garis dengan Matahari. Hal ini terjadi 20.000 ribu tahun sekali.

Akibatnya gaya gravitasi menjadi bertambah enam kali lipat, sehingga pada saat itu akan terjadi fenomena luar biasa, yakni di antaranya laut akan mengalami pasang naik, dan kemungkinan laut akan meluap. Lantas, berat benda akan meningkat enam kali lipat dan semua benda akan tertarik ke permukaan bumi. Disebutkan juga NASA sudah memperingatkan semua perusahaan penerbangan agar tidak take off pada jam tersebut karena fenomena ini akan berlangsung sekitar 10 menit.

Menanggapi hal itu, Rahman menegaskan, berita tersebut hanya kabar bohong, karena fenomena itu tidak akan berdampak apapun. ''Sebenarnya planet-planet yang tampak berada pada satu garis lurus itu terjadi beberapa hari ini, tetapi malam ini akan tampak paling jelas,'' tegasnya.

Reporter : Antara
Redaktur : Budi Raharjo
Barangsiapa tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya ((HR Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Alasan John Kerry Hadiri Pelantikan Jokowi-JK
WASHINGTON DC -- Presiden Obama mengirim delegasi khusus guna menghadiri upacara pengambilan sumpah pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Berikut...