Selasa 01 Apr 2014 12:37 WIB

Kiprah Ronaldo di Piala Dunia 2002

Rep: CR02/ Red: Citra Listya Rini
Legenda sepakbola Brasil Ronaldo Luis Nazario de Lima
Legenda sepakbola Brasil Ronaldo Luis Nazario de Lima

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Ronaldo Luis Nazario de Lima atau yang lebih dikenal dengan Ronaldo merupakan pemain sepak bola terbaik sepanjang masa yang dimiliki oleh tim nasional Brasil.

Ronaldo telah bermain untuk tim nasional Brasil sebanyak 98 pertandingan dan berhasil mencetak 62 gol serta menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. 

Pertama kali muncul di Piala Dunia 1994 sebagai seorang anak muda berumur 17 tahun, Ronaldo pun mencapai puncak kejayaannya di Piala Dunia pada tahun 2002 ketika Brasil sukses menjadi juara dunia untuk kelima kalinya.

Pemain berusia 37 tahun itu mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Dunia ketika berhasil mencetak satu gol di pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2006 saat Brasil melawan Ghana. Gol tersebut merupakan gol ke-15 Ronaldo di Piala Dunia dan memecahkan rekor 14 Gol Gerd Mueler yang telah bertahan selama lebih dari tiga dekade.

Selain itu, ia tercatat sebagai pemain ke-20 yang mampu mencetak gol di tiga kesempatan Piala Dunia dan pemain kedua setelah Juergen Klinsman yang mampu mencetak minimal tiga gol di tiga kesempatan tampil di Piala Dunia.

Hal yang sangat mencenangkan ketika perhelatan akbar Piala Dunia 2002 yang di gelar di Korea Selatan dan Jepang. Cedera lutut yang cukup serius membuat Ronaldo hanya memiliki kesempatan kecil untuk dapat berkiprah kembali di dunia pesepakbola dan selama dua tahun tersebut jarang sekali Ronaldo menendang bola.

Brasil sendiri mengalami kesulitan saat menembus babak kualifikasi dan harus dipermalukan Honduras di ajang Copa Amerika. Ronaldo mengalami cedera lutut yang cukup parah ketika ia berseragam Inter Milan saat menghadapi Lecce, lututnya terpelintir dan menghantam tanah dan Ronaldo harus absen selama enam bulan.

Ronaldo kembali tampil sebagai pemain pengganti ketika menghadapi Lazio namun ia hanya bertahan selama tujuh menit karena ia kembali mengalami cedera. Ia pun tak menyerah, Brasil menyakinkan pengurus Inter untuk membawa Ronaldo agar ditangani staf medis mereka untuk menghadapi Piala Dunia di Korea Selatan dan Jepang.

Brasil melakukan hal yang menakjubkan dengan membuat Ronaldo sembuh dengan cepat dan siap tampil di Piala Dunia. Walaupun kecepatan dan kegesitannya berkurang, ia mampu beradaptasi dengan cepat bahkan lebih membahayakan lini pertahanan tim manapun. 

Ronaldo tampil di final Piala Dunia 2002 saat melawan Jerman, ia bermain dengan gemilang gol pertamanya ke gawang Oliver Kahn sendiri diciptakan dari jarak dekat usai menyambar umpan dari Rivaldo.

Fenomeno berhasil memborong dua gol dan sekaligus memenangkan trofi Piala Dunia serta memastikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dengan delapan gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement