Saturday, 29 Muharram 1436 / 22 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Penggemar Real Madrid Bikin Komik Real Masjid

Saturday, 30 June 2012, 10:06 WIB
Komentar : 0
antara
Ilustrator dan penulis komik strip religi dan pekerti Real Masjid 2 usai soft launching komik di acara Popcon Asia 2012 (29/6). Ki-ka: Faza Meonk (ilustrator) dan Tonytrax (penulis)
Ilustrator dan penulis komik strip religi dan pekerti Real Masjid 2 usai soft launching komik di acara Popcon Asia 2012 (29/6). Ki-ka: Faza Meonk (ilustrator) dan Tonytrax (penulis)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tony Trax, penggemar Real Madrid, akan merilis komik berjudul Real Masjid 2 pada 18 Juli, menjelang bulan puasa.  "Saya penggemar berat Jose Mourinho, dimana pun dia berada pasti saya gemari klub itu," kata Tony usai soft launching komik keduanya di pameran pop culture Popcon Asia, Jumat (29/6) malam.

Namun bukan berarti itu hanya sekedar plesetan. Memang ada unsur Real Madrid yang dimasukkan ke komik religi itu. "Sejak komik pertama, tokohnya disesuaikan dengan nama pemain Real Madrid. Ada Roni dari Ronaldo dan Pepi dari Pepe. Di komik kedua ada tambahan karakter," kata Tony.

Selain itu, judul Real Masjid bermaksud menggambarkan kenyataan yang terjadi di masjid. Tony tergerak untuk mengungkap kesalahan yang terjadi di masjid dalam bentuk komik komedi. "Misalnya lagi khotbah itu harusnya tidak boleh ngobrol. Ada orang ngomong. Temennya ngingetin 'eh gak boleh ngomong!', padahal kan dia juga ngomong ya. Terus ada orang yang diem aja tapi sebenarnya lagi main twitter," kata penulis yang mendapatkan sebagian besar ide dari pengalaman pribadinya.

Tony ingin komiknya bisa mengingatkan pembaca agar jadi orang yang lebih baik.  "Pernah di twitter ada respon dari pembaca, 'oh, saya baru tahu kalau lagi khotbah tidak boleh ngobrol'," ungkap dia.

Penulis yang bekerjasama dengan Faza Meonk untuk membuat ilustrasi Real Masjid 2 ini mengaku kesulitan mencari ilustrator.  "Sulit cari ilustrator karena biasanya pada sibuk. Ilustrator di buku pertama sibuk, yang kedua (Faza Meonk) juga sibuk tapi untunglah dia bisa meluangkan waktu buat saya. Padahal dia juga punya kesibukan komik lain yang harus diterbitkan," katanya.

Tony sengaja mengambil momen bulan puasa untuk menerbitkan Real Masjid 2. Komik sebelumnya juga diterbitkan saat bulan puasa tahun lalu. "Kalau tahun depan ada ide cerita dan ilustrator ya terbitkan lagi," katanya.

Tonytrax bercita-cita membuat komik lain berjudul Real Mayit. "Pengennya komedi juga kaya gini. Ceritanya mayat-mayat dengan berbagai kondisi bercerita tentang kehidupannya. Misalnya mayat yang ancur banget bilang, 'aku dulu korupsi'," ujarnya.

Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : antara
Pulanglah pada istrimu, bila engkau tergoda seorang wanita (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menata Rambut dengan Kacamata Pintar
NEW YORK -- Tutorial penataan rambut banyak diunggah ke situs-situs video seperti YouTube. Tetapi salon di New York baru-baru ini menguji coba metode...