Tuesday, 2 Syawwal 1435 / 29 July 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mengkaji Islam Indonesia dari Berbagai Sisi

Wednesday, 06 June 2012, 12:17 WIB
Komentar : 0
dokpri
Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia
Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Inilah buku tentang kajian Islam Indonesia dengan penghampiran dari berbagai sisi: sejarah, sosial, politik, psikologis dan budaya.

Buku ini mendiskusikan tema-tema keislaman Indonesia dalam ragam persoalan dan perspektifnya. Pembahasan buku ini bersifat tematis, di dalamnya menampilkan gagasan-gagasan orisinal dan analisis kritis atas persoalan-persoalan psikososial dalam sejarah dan sosiologi Indonesia seperti tentang Islamisasi, peranan ulama dalam sejarah, kelas menengah Muslim, sekularisasi, pluralisme, terorisme, Islam liberal, pornografi dan lain-lain.

Diharapkan buku ini mewakili pandangan yang tidak ditemukan dalam samudera diskursus Islam Indonesia. Buku ini berisi tentang sejarah sosial budaya Islam Indonesia dalam bentang waktunya yang panjang sejak masuknya, masa Islamisasi hingga masa kontemporer.

Sangat berguna bagi para peminat studi-studi Islam dan para mahasiswa sejarah, sosiologi dan politik yang menjadikan Islam sebagai tema kajiannya. Buku ini bukan buku sejarah kronologis melainkan bacaan kritis atas sejarah, sosiologi dan masalah-masalah aktual Islam di Indonesia.

Buku ini adalah sebuah perspektif dalam membaca Islam Indonesia yang dewasa ini semakin menarik  perhatian dunia. Gambaran tentang Islam Indonesia, dalam banyak hal, didominasi oleh pandangan arus utama yang diproduksi kaum intelektual dan diterima sebagai “konvensi kebenaran.”

Idealnya, melalui buku ini penulis ingin melihat celah-celah yang tidak terwakili (subaltern) sebagai pemberontakan gagasan untuk menemukan alternatif pandangan dari pemikiran konvensional yang diterima luas.

Yudi Latif yang memberikan pengantar menambah nilai buku ini dan menjelaskan posisi penulis buku dalam pertarungan wacana. Mudah-mudahan memberikan pencerahan, menegaskan jatidiri dan memuaskan dahaga para pencinta bacaan kritis.


Judul:  Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia
Penulis: Moeflich Hasbullah
Penerbit Pustaka Setia, April 2012, 392 hal.
Pengantar: Dr. Yudi Latif
Harga Rp. 50.000.

Redaktur : Heri Ruslan
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Muslim Australia Berlebaran dengan Daging Halal
MELBOURNE -- Bagi umat Muslim di Australia kini tidaklah sulit lagi untuk mendapatkan daging halal. Jika berkunjung ke Melbourme, Anda dapat menemukan...