Kamis 10 Mar 2016 07:00 WIB

Mendaras Manakib Syekh Abdul Qadir Jailani dan Syekh Samman

Sheikh Abdul Qadir Jailani
Foto: IST
Sheikh Abdul Qadir Jailani

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Jangka waktu penguasaan Fatahillah atas Jayakarta tidak lama, tidak sampai satu abad (1527-1619). Namun, kehadiran Fatahillah telah mengubah masyarakat Jakarta menjadi masyarakat Muslim.

Meski begitu, ada pendapat pada akhir abad ke-15, hampir semua kerajaan di pesisir Jawa telah masuk Islam. Ini tampak dari takluknya kerajaan-kerajaan Hindu dan digantikan dengan Islam yang kemudian meluas ke Jawa Barat.

Menurut sejarawan Prof Dr Muhadjir, salah satu peninggalan kekuasaannya adalah masyarakat Jatinegara Kaum di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Jatinegara Kaum adalah sebuah perkampungan di Jakarta yang hingga kini sebagian masyarakatnya masih menggunakan bahasa Sunda dalam pergaulan antarpenduduk.

Mereka berasal dari Jayakarta di sekitar Kota Inten setelah keratonnya dihancurkan Belanda pada Mei 1619. Di Jatinegara Kaum, terdapat kuburan yang diyakini Makam Jayakarta.

Sampai kini, terutama pada malam Jumat, makam ini banyak didatangi peziarah yang datang dari berbagai tempat. Masih menurut Muhadjir, Fatahillah dan keturunannya yang sekarang sebagian berasal dari berbagai agama dan kepercayaan, kini menjadi Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement