Kamis , 24 November 2016, 08:12 WIB

Wow Keren! Lagu Eminem dalam Bahasa Isyarat

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Billboard
Eminem
Eminem

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu-lagu hiphop gubahan rapper Eminem telah mendunia dan diganjar belasan penghargaan. Tapi, semuanya jadi makin keren saat dinyanyikan dalam bahasa isyarat.

Sejumlah pemilik akun di laman berbagi video YouTube mengunggah penampilan mereka memeragakan lagu Eminem versi bahasa isyarat. Gerakan-gerakan yang jadi sarana komunikasi penyandang difabel rungu itu sangat pas dengan lagu Eminem yang nge-beat.

Beberapa judul yang diinterpretasi itu termasuk "Mockingbird", "When I'm Gone", "Lose Yourself", sampai "Monster". Bahasa isyarat yang digunakan adalah ASL alias American Sign Language yang jadi pedoman di sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan Afrika.

Salah satu peraga bernama Shelby Mitchusson yang berasal dari Austin, Texas. Awalnya, ia membuat video sebagai aplikasi pekerjaan untuk bergabung dengan tim penerjemah bahasa isyarat di program musik PBS, Austin City Limits. "Saya memiliki cinta yang mendalam untuk menafsirkan musik dan akan senang untuk berbagi lebih banyak musik dalam bahasa isyarat," ujar Mitchusson di bagian komentar saluran YouTube-nya.

Video-video tersebut sangat membantu mereka yang berkebutuhan khusus untuk lebih memahami lagu Eminem. Apalagi, karya gubahan musikus bernama asli Marshall Bruce Mathers III yang sempat punya nama panggung Slim Shady itu sangat menyentuh dan menyoal isu-isu sosial.

Ini Videonya: