Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Star Wars: The Last Jedi Raup 450 Juta Dolar

Senin 18 December 2017 18:06 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Star Wars: The Last Jedi

Star Wars: The Last Jedi

Foto: dok Lucas Film

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES --  Film Star Wars: The Last Jedi  meledak di bioskop dengan penjualan tiket dunia 450 juta dolar AS pada akhir pekan pembukaannya. Film kedelapan dalam kisah Star Wars yang dibuat George Lucas pada 1977, itu mengumpulkan 220 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada.

Jumlah tersebut membawanya ke peringkat kedua dari pendapatan Star Wars: The Force Awakens dua tahun lalu senilai 248 juta dolar AS. Penayangan perdana film tersebut menandai keberhasilan besar lain untuk Walt Disney, yang membeli pembuat Star Wars Lucasfilm pada 2012 dan menyegarkan kembali cerita itu.

"Beberapa merek dapat mempertahankan gairah dan relevansi semacam itu. Itu sangat mendorong peluang semua pernik 'Star Wars' lain dalam keseluruhan," kata Paul Dergarabedian, pengulas penting media untuk comScore.

Setidak-tidaknya, lima film lain Star Wars dalam pengerjaan di Disney, termasuk tentang Han Solo muda, yang akan diluncurkan pada Mei, disusul Episode IX pada Desember 2019.

The Last Jedi menampilkan performa aktris Carrie Fisher terakhir kalinya sebagai Leia, putri yang menjadi kekuatan perlawanan terdepan dalam melawan First Order yang jahat. Fisher meninggal karena serangan jantung pada Desember 2016.

Film tersebut juga memberi peran penting bagi pahlawan asli Star Wars, Luke Skywalker, yang diperankan oleh Mark Hamill. Penjualan internasional untuk Last Jedi adalah yang terbesar ketiga untuk film-film yang tidak termasuk pasar Cina selama akhir pekan penayangan perdana mereka, menurut Disney. Last Jedi akan tayang pada 5 Januari di China, yang merupakan pasar film terbesar kedua.

Tanggapan penggemar yang positif menunjukkan penjualan tiket yang kuat selama liburan mendatang, menurut Dave Hollis, presiden Disney untuk distribusi teater di seluruh dunia. Pemirsa menganugerahi film tersebut sebuah "nilai A" dalam jajak pendapat oleh CinemaScore.

Pengulas film laris tidak memperkirakan Last Jedi mengulang jumlah akhir pekan pembukaan Force Awakens. Film 2015 tersebut telah menjadi perhatian yang belum pernah terjadi sebelumnya, sebab film tersebut merupakan film Star Wars yang pertama dalam satu dekade. Force Awakens pada akhirnya meraup pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Disney akan mengambil alih hak edar semua film Star Wars pada masa lalu sebagai bagian dari kesepakatan senilai 52 miliar dolar AS pada pekan lalu untuk membeli film dan beberapa usaha televisi dari Twenty-First Century Fox. Fox telah meluncurkan enam film Star Wars pertama buatan Lucas.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES