Kamis , 07 December 2017, 09:49 WIB

Kekurangan Sosok Sempurna Fahri AAC 2

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Republika/ Wihdan
Penulis Habibburachman El Shirazy (tengah0, Produser Film Manoj Punjabi (ketiga kiri), dan pemeran berfoto usai peluncuran Film Ayat-Ayat Cinta 2 di Jakarta, Rabu (6/12).
Penulis Habibburachman El Shirazy (tengah0, Produser Film Manoj Punjabi (ketiga kiri), dan pemeran berfoto usai peluncuran Film Ayat-Ayat Cinta 2 di Jakarta, Rabu (6/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak kemunculan Ayat-Ayat Cinta pada 2008 lalu sosok Fahri selalu menjadi pujaan. Fahri dianggap sebagai sosok sempurna seorang pria yang soleh, mapan dan setia pada istri. Sosok Fahri kembali di Ayat-Ayat Cinta 2 sebagai seorang calon dosen dan pengusaha sukses di Eropa. Namun apa benar sosok Fahri sesempurna itu?

Penulis novel dan skenario Ayat-Ayat Cinta 2, Habiburrahman El Shirazy mengakui bahwa sosok Fahri tetap memiliki kekurangan. "Dia terlalu melankolis, mestinya tidak begitu, dia terlalu mencintai istrinya, artinya susah move on," kata pria yang biasa disapa Kang Abik, Rabu (6/12).

Kang Abik membuat sosok Fahri sebagai super hero di dunia nyata. Bagaimana cara Fahri membantu tetangganya, mengurusi bisnisnya dan mengejar karirnya sebagai dosen. "Sosok Fahri itu ada, tapi bukan dari satu orang, melainkan banyak orang," lanjut Kang Abik.

Pria berusia 41 tahun ini menuturkan bahwa di luar negeri ada orang Indonesia yang berhasil. Dia ingin memberitahu dan memotivasi khususnya anak muda bahwa sosok Fahri bisa dimiliki siapa saja. Dia menuturkan bahwa meski Fahri adalah tokoh fiksi, tapi ada beberapa role model sebagai inspirasi atas munculnya Fahri.

"Saya punya teman di Inggris, dia santri, sekarang ngajar jadi profesor di Universitas Essex, jadi kalau ada orang Indonesia ngajar di Inggris itu memungkinkan dan sudah terjadi," lanjut Kang Abik.

Dalam film Ayat-Ayat Cinta 2, Fedi Nuril kembali didapuk menjadi Fahri. Fedi Nuril sudah dinilai Kang Abik sangat cocok memerankan tokoh Fahri. "Saya tidak ikut andil dalam Ayat-Ayat Cinta yang pertama, tapi memang Fedi Nuril sudah pas, Indonesia sekali," kata Kang Abik.

Sosok Fahri yang sempurna dinilai produser Ayat-Ayat Cinta 2, Manoj Punjabi sebagai superhero-nya Indonesia. "Apa salahnya dengan Fahri yang bisa membantu orang dengan hartanya? Kalau Amerika ada Batman dan Iron Man, di Indonesia ada Fahri," kata Manoj.

Meski melanjutkan film sebelumnya, Ayat-Ayat Cinta 2 memiliki kisah berbeda. Fahri kini hidup sendiri karena kehilangan Aisha yang tidak ada kabar setelah menjadi relawan di Palestina. Hulya, sepupu Aisha hadir di kehidupan Fahri di saat Fahri masih memiliki harapan bahwa Aisha akan kembali.

Film Ayat-Ayat Cinta 2 dibintangi oleh Fedi Nuril, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Nur Fazrina dan Sandra Dewi. Film ini akan hadir di bioskop Indonesia mulai 21 Desember mendatang.