Sabtu , 18 November 2017, 18:12 WIB

Star Wars: Last Jedi Jadi Film Star Wars Terpanjang

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Nidia Zuraya
NME
Star Wars: The Last Jedi
Star Wars: The Last Jedi

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Dengan durasi mencapai 150 menit, film Star Wars: The Last Jedi menjadi film ''Star Wars'' terpanjang yang pernah diproduksi. Durasi film yang akan dirilis pada pertengahan Desember mendatang lebih panjang 26 menit dibanding film sebelumnya, Star Wars: The Force Awaken, yang dirilis pada 2015 silam. 

Tidak hanya itu, film yang disutradarai Rian Johnson ini lebih panjang sepuluh menit dari film Star Wars: Episode II - Attack of The Clones, yang sempat menjadi film terpanjang dari keseluruhan seri film ''Star Wars''. Sutradara sekaligus penulis Star Wars: The Last Jedi, Rian Johnson, mengakui memang mendapatkan kebebasan dalam mengembangkan cerita di film ini.

''Benar-benar ada kebebasan yang nyata dalam proses penulisan untuk film ini. Proses itu mengalir begitu saja dan begitu organik. Buat saya, ini seperti saat saya baru memulai karier dan memproduksi film-film awal saya,'' kata Rian dalam sebuah konferensi pers di Paris, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (18/11).

Sutradara berusia 42 tahun itu pun mengaku begitu menikmati proses produksi Star Wars: The Last Jedi. Menurutnya, bekerja bersama Mark Hammil, aktor pemeran tokoh Luke Skywalker di film Star Wars, merupakan hal yang luar biasa. 

''Ada suatu perasaan aneh saat pertama kali bekerja untuk film ini. Saya seperti kembali ke masa kecil, saat begitu mengidolakan seorang tokoh. Benar-benar membahagiakan,'' tutur Rian.

Film Star Wars: Last Jedi memang masih akan menampilkan sejumlah aktor dan aktris, yang sempat tampil di film Star Wars: The Force Awaken, seperti Daisy Ridley, John Boyega, Mark Hamill, dan Adam Driver. Film ini juga akan menampilkan Carrie Fisher, yang tampil sebagai Princes Leia, untuk terakhir kalinya.

 

Berita Terkait