Jumat , 08 September 2017, 16:36 WIB

Sutradara Star Wars Ungkap Siapa The Last Jedi

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Time
Star wars
Star wars

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Satu pertanyaan besar yang membuat penasaran di film Star Wars: The Last Jedi kini sudah punya titik terang. Selama ini publik menebak-nebak siapakah The Last Jedi yang dimaksud. Apakah itu Luke, Rey, atau kedua-duanya.

Sutradara Rian Johnson membocorkan jawaban dari teka-teki itu dalam wawancara dengan The New York Times. Pasalnya, penonton dibuat penasaran sejak pembukaan film The Force Awakens.

"Luke Skywalker telah lenyap. Dalam ketidakhadirannya, First Order bangkit dan tidak akan berhenti sampai Skywalker sebagai The Last Jedi dihancurkan," kata Johnson dikutip dari laman Independent, Kamis (7/9).

Menurut Johnson, selalu ada ruang gerak dalam film Star Wars dan semuanya bertolak dari sudut pandang yang jelas. "Skywalker jelas adalah The Last Jedi, ia mengasingkan dirinya sendiri ke sebuah tempat dengan alasan yang tak jelas," imbuh sang sutradara.

Walau pernyataan Johnson yang menyebut Skywalker sebagai The Last Jedi sudah sangat jelas namun muncul dugaan bahwa Rey adalah evolusi selanjutnya dari Jedi. Merespons hal itu, Johnson mengatakan bahwa film garapannya akan menggali lebih dalam tentang Jedi. Ia menyebut Luke dan Rey adalah nyawa dari Star Wars. Rencananya Star Wars: The Last Jedi akan dirilis pada 14 Desember mendatang.