Selasa , 10 Maret 2015, 02:51 WIB

Sebuah Film tentang Bilal

Rep: wachidah handasah/ Red: Damanhuri Zuhri
Wikipedia
Muhammad (Kaligrafi)
Muhammad (Kaligrafi)

REPUBLIKA.CO.ID,



Umat Islam mengenalnya sebagai Bilal bin Rabah. Dialah muazin bersuara merdu pada masa Rasulullah SAW. Dalam sejarah Islam, Bilal tercatat dengan tinta emas sebagai sosok yang gigih dan tangguh dalam mempertahankan akidah.

Kisah perjuangan Bilal bn Rabah dalam membela dan mempertahankan akidah Islam merupakan kisah inspiratif yang tak pernah membosankan meski terus diulang-ulang sepanjang zaman.

Kini, kisah tentang salah satu sahabat terdekat Rasulullah ini bisa disimak melalui sebuah film animasi. Adalah Barajoun Entertainment, sebuah studio animasi di Dubai, yang memproduksi film ini. Seperti dilansir onislam.net, Bilal merupakan film animasi pertama yang diproduksi oleh para seniman Arab.

Mengambil latar sebuah wilayah di Afrika, film ini berkisah tentang seorang pemuda yang bercita-cita menjadi pejuang hebat. Barajaoun Entertainment mengumumkan hadirnya film animasi baru ini di Dubai, Uni Emirat Arab, dua pekan lalu.

Tak main-main, dibutuhkan waktu sekitar sepuluh tahun untuk menggarap film ini. “Setelah melalui proses selama bertahun-tahun itu, barulah pada pertengahan 2012 proses produksi dimulai,” kata Ayman Jamal, kepala Studio Barajoun.

Untuk membuat film ini, kata Ayman, pihaknya merekrut sekitar 80 orang berbakat di bidang animasi dan visual efek dari berbagai negara. Ia juga mempekerjakan 11 peneliti, termasuk para doktor dari sejumlah universitas, untuk meneliti sejarah Islam yang terkait dengan Bilal.

“Kami juga telah membuat deskripsi semua karakter dari setidaknya 17 sumber sejarah yang berbeda,” katanya.

Untuk membuat model karakter berdasarkan deskripsi tersebut, Barajoun Entertainment juga menyewa dua ilmuwan forensik.

“Kami membuat karakter persis seperti yang dijelaskan dalam teks-teks sejarah, tidak hanya berdasarkan imajinasi.” Khusus untuk merancang busana dan alat peraga, lanjut Ayman, telah dilakukan penelitian selama 5.000 jam.

Dirilis dalam bahasa Inggris, film ini diharapkan dapat menjaring penonton Amerika. Sejumlah artis terkenal Hollywood menjadi pengisi suara film ini, di antaranya Adewale Akinnuoye-Agbaje, bintang Game of Thrones.

“Film ini berkisah tentang superhero sejati. Ia seorang budak yang hidup sekitar seribu tahun silam dan berjuang untuk kebebasan. Ia menjadi inspirasi bagi generasi masa kini,” kata  Akinnuoye-Agbaje setelah mengikuti casting pengisi suara, Januari lalu.