Kamis, 2 Zulqaidah 1435 / 28 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dicari, 41 Diva untuk Pengisi Suara Film Frozen

Sabtu, 25 Januari 2014, 10:17 WIB
Komentar : 3
disneyprincess.wikia.com
Film animasi Disney, Frozen
Film animasi Disney, Frozen

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kesuksesan film animasi Frozen membuat Disney harus bekerja ekstra keras menerjemahkan film tersebut ke dalam 41 bahasa asing. Tak mudah menemukan 41 orang dengan bahasa berbeda untuk mengisi suara di film itu, apalagi sang pengisi suara harus mahir menyanyi.

Senior Vice Presiden Creative Disney Character Voices International, Rick Dempsey mengatakan industri film yang semakin berkembang membuat Disney selalu menambahkan bahasa asing setiap tahun.

Kali ini, Disney menambahkan bahasa Bengali, Melayu, dan Vietnam. Frozen merupakan salah satu film milik Disney yang paling banyak diterjemahkan dalam bahasa asing, sementara Lion King hanya diterjemahkan dalam 15 bahasa asing. 

"Frozen adalah film musikal dan soundtrack kami masuk sebagai nominasi Oscar, tentu saja sulit menemukan pengisi suara yang sesuai karakter dan bisa menyanyi dengan baik," ujar Dempsey, dilansir Los Angeles News, Sabtu (25/1).

Dempsey telah meminta sejumlah diva dari tiap negara untuk menjadi pengisi suara di film Frozen. Diantaranya Serena Autieri (Italia), Willemijn Verkaik (Jerman, Belanda), Takako Matsu (Jepang), Anna Burturlina  (Rusia), dan Marsha Milan Landoh (Melayu).

Dia mengaku agak kesulitan dan tertantang karena harus mencocokan gerakan mulut dengan kata-kata yang diucapkan, apalagi tiap bahasa memiliki penekanan kata yang berbeda. 

Menurut Dempsey, tidak semua film produksi Disney memerlukan rekruitmen pengisi suara dalam skala besar. Pada 1999 dalam film Tarzan, Dempsey meminta Phil Collins untuk menyanyikan soundtrack dalam bahasa Perancis, Italia, Jerman, dan Spanyol. 

 

Reporter : Rizky Jaramiya
Redaktur : A.Syalaby Ichsan
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS Al-Baqarah: 39)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar