Sabtu, 6 Syawwal 1435 / 02 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Syuting Film 'Sang Kiai', Warga Padati Ponpes Kediri

Selasa, 06 November 2012, 21:58 WIB
Komentar : -1
Antara Foto
Tokoh NU Salahuddin Wahid atau Gus Solah (dua dari kiri) bersama sutradara Rako Prijanto (kiri) dan para pemain film Sang Kyai Christine Hakim (dua dari kanan) dan Ikra Negara (kanan) berbicara perihal film Sang Kyai pada konfrensi pers dan syukuran film t
Tokoh NU Salahuddin Wahid atau Gus Solah (dua dari kiri) bersama sutradara Rako Prijanto (kiri) dan para pemain film Sang Kyai Christine Hakim (dua dari kanan) dan Ikra Negara (kanan) berbicara perihal film Sang Kyai pada konfrensi pers dan syukuran film t

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Produksi film "Sang Kyai" memasuki masa syuting. Film yang mengisahkan tokoh pesantren Tebu Ireng, KH M Hasyim Asy'ari dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia (Baca: Kisah Perjuangan Hasyim Asy'ari Difilmkan) ini memulai syuting di satu pondok pesantren di Dusun Kapurejo, Desa/Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Syuting film tersebut banyak mendapat perhatian dari para santri ataupun warga yang ingin menyaksikan langsung proses pembuatan film. Tidak hanya itu, banyak juga dari mereka ingin bertemu para artis pemeran.

Petugas keamanan dari pondok pun turun tangan, bahkan mereka juga didampingi petugas dari kepolisian sektor setempat. Jalan ke lokasi pondok pun ditutup dengan garis polisi agar tidak mengganggu proses pembuatan film.

Mengenai pemilihan pesantren di Kediri, Taufik Kusnandar selaku Produser Pelaksana mengatakan, kondisi ponpes sangat sesuai dengan kebutuhan film.

"Kami sudah survei di sejumlah pondok pesantren termasuk di Tebuireng yang memang pondok yang beliau (KH M Hasyim Asy'ari) dirikan, namun konstruksi bangunan sudah banyak yang berubah," kata Produser Pelaksana film "Sang Kiai" Taufik Kusnandar ditemui saat pengambilan film, Selasa.

Taufik mengatakan pemilihan pondok pesantren ini sudah berdasarkan survei lama yang dilakukan. Ia dengan tim kreatif lainnya menginginkan agar bangunan yang digunakan untuk pengambilan film "Sang Kyai" sesuai dengan peristiwa saat itu, baik suasana pondok maupun bangunan.

"Kami mencari lokasi pondok yang sesuai sulit, termasuk yang ada untuk 'kasepuhan', masjid, dan kami merasa cocok di pondok ini," ujarnya.

Ia menyebut, rencana pengambilan gambar di Kediri akan berlangsung sampai 14 November mendatang. Kegiatan pengambilan gambar sendiri sudah dimulai sejak 1 November lalu dan terus dilakukan sampai adegan film di Kediri tuntas.

Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara
Allah melaknat orang yang menyiksa hewan dan memperlakukannya dengan sadis((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tren Arus Mudik Saat Arus Balik di Pasar Senen
 JAKARTA -- Pada H+3 Stasiun Pasar Senen tak hanya menerima arus balik. Geliat arus mudik di Stasiun ini masih cukup tinggi. Menurut Kepala Humas...