Rabu, 18 Zulqaidah 1436 / 02 September 2015
find us on : 
  Login |  Register

Christine Hakim Filmkan Keindahan Halmahera Utara

Jumat, 14 September 2012, 07:08 WIB
Komentar : 1
Antara
Christine Hakim
Christine Hakim

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI -- Setelah berperan sebagai Wayan dalam film Hollywood Eat Pray Love, artis kawakan Christine Hakim kini sibuk mendokumentasikan keindahan Halmahera Utara.

"Nawaitunya (niatnya) membuat dokumentasi sampai selesai keindahan atau kecantikan dan kehebatan Halmahera Utara bukan hanya sekedar Morotai," kata Christine di atas kapal riset BPPT Baruna Jaya III, Morotai, Halmahera Utara, Rabu.

Morotai sangat penting peranannya bukan saja untuk Indonesia, tapi juga untuk perjalanan sejarah dunia, ujar dia.

"Bayangkan bagaimana Jenderal McArthur mengatur strategi untuk menjatuhkan bom atom ke Nagasaki dan Hiroshima yang kemudian menghentikan perang dunia II dari tempat ini," lanjutnya.

Belum lagi sejarah prakolonial di mana empat Kesultanan di Halmahera Utara ini begitu berperan terhadap sejarah Indonesia. "Yang sudah kita datangi Kesultanan Ternate, Tidore, Jailolo, yang belum Bacan," ujar wanita kelahiran Jambi ini.

Saat ditanya apa kendala yang dihadapi saat membuat film dokumenter, wanita dengan nama lengkap Herlina Christine Natalia Hakim ini spontan menjawab sambil tertawa,"dana!"

Saat ini film dokumenter tentang Halmahera Utara yang ia garap masih dalam masa perampungan. Ia masih harus mendokumentasikan Kesultanan Bacan.

Barang siapa yang mentaatiku berarti ia telah mentaati Allah, dan barang siapa yang mendurhakai perintahku, maka berarti ia telah mendurhakai Allah. Barang siapa yang mematuhi pemimpin berarti ia telah mematuhiku dan barang siapa yang mendurhakai pemimpin berarti ia telah mendurhakaiku(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Langkah Polri Amankan Pilkada Serentak
JAKARTA -- Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan dilangsungkan akhir tahun ini. Guna menyiapkan pengamanan saat pilkada nanti, Polri sudah menyiapkan beberapa langkah...