Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inilah Sitkom BBC yang Dituding Menghina Muslim

Wednesday, 29 August 2012, 09:14 WIB
Komentar : 6
BBC/dailymail
Sitkom Citizen Khan
Sitkom Citizen Khan

REPUBLIKA.CO.ID, Hanya dalam satu kali tayang, program komedi situasi buatan BBC langsung menuai protes dari warga Muslim Inggris.

Inilah yang terjadi dalam episode pertama 'Citizen Khan'. Saat penayangan perdana, ada 200 komplain yang masuk. Rata-rata mengecam sitkom itu sebagai 'mempermainkan Islam', membuat stereotip masyarakat Asia dan menghina Alquran.

Dalam satu adegan yang memicu kemarahan adalah cerita tentang seorang gadis, anak perempuan Khan, yang langsung memakai jilbab dan pura-pura membaca Alquran ketika ayahnya tiba-tiba masuk.

''Sangat mengecewakan, apalagi melihat adegan ketika ayahnya masuk dan anaknya dengan kasar membuka Alquran,'' ungkap seorang pemirsa dengan kesal.

Mereka juga mengkritik stereotipe soal Muslim Inggris. 

Namun, pihak BBC tetap berbesar hati dengan tayangan ini. ''Citizen Khan mendapatkan sambutan yang sangat positif dengan pemirsa mencapai 3,6 juta dan share 21, 5 persen,'' ungkap BBC.

Adil Ray, pemeran utama sekaligus produser acara yang juga seorang Muslim, menyebutkan,''Ini adalah kesempatan besar yang tampil lewat karakter Tuan Khan, seorang Muslim Pakistan, yang sanggup menghadirkan berbagai konflik dan mampu juga menertawakan diri sendiri. Saya sendiri sangat yakin tentang itu.''

 

 

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : dailymail
Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyat akan berperang di belakang serta berlindung dengannya. Bila ia memerintah untuk takwa kepada Allah azza wa jalla serta bertindak adil, maka ia akan memperoleh pahala. Namun bila ia memerintah dengan selainnya, maka ia akan mendapatkan akibatnya.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Militan Palestina Serang Sinagog, Netanyahu Bersumpah Akan Membalas?
Serangan militan Palestina terhadap sinagoga di Yerusalem semakin meningkatkan ketegangan Israel-Palestina. Menurut pengamat penyebab utamanya adalah kurangnya perhatian Israel atas kesejahteraan pemuda Palestina...