Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wow, Satu Episode Serial Omar Seharga Rp 6 Miliar!

Kamis, 02 Agustus 2012, 21:03 WIB
Komentar : 7
kaskus.co.id
Cuplikan serial Omar yang ditayangkan MNCTV.
Cuplikan serial Omar yang ditayangkan MNCTV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Serial drama televisi Omar tercatat sebagai tayangan dengan biaya produksi termahal pada Ramadhan tahun ini.

Serial yang mengangkat kisah Umar bin Khathab ini dikabarkan berbiaya produksi per episode mencapai Rp 6 miliar.

Selain itu, serial yang dibuat oleh rumah produksi asal Dubai ini menorehkan rekor penting di dalam industri televisi Tanah Air. Rekor tersebut merujuk pada sebaran audience share yang menembus hingga 29 persen.

Angka itu menunjukkan pada durasi waktu yang sama dari seluruh tayangan televisi, serial Omar telah meraup pemirsa hingga 29 persen.

''Untuk share sebesar itu, rasanya serial Omar telah membuat rekor baru sebagai program asing pertama pada waktu sahur dengan nilai sebesar itu,'' kata Endah Hari Utari, Direktur Program dan Produksi MNCTV, kepada ROL di kampus UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, Kamis (2/8).

Serial Omar ini tayang di layar kaca MNCTV setiap hari. Durasinya selama satu jam, dimulai dari pukul 04.00 WIB. Utari mengungkapkan dari hasil survei berkala yang dirilis oleh lembaga AC Nielsen, pemirsa terbanyaknya berusia antara 10-19 tahun.

''Biasanya kompetitor pemirsa remaja dan dewasa berusia 15 tahun plus. Tapi untuk tahun ini, ternyata hanya Omar yang berhasil menarik perhatian pemirsa anak,'' beber Utari.

Saat ini, lanjut Utari, serial Omar ditayangkan secara serentak di lima negara. Selain Indonesia, serial yang ditulis skenarionya oleh Dr Waleed Saif ini tayang juga di Turki, Qatar, Arab Saudi dan Mesir.

Utari mengaku memperoleh informasi kalau serial ini memakan biaya produksi secara total hingga Rp 200 miliar. Serialnya sendiri diproduksi hanya 30 episode. ''Artinya dengan angka seperti itu maka setiap episodenya, serial ini mencapai Rp 6 miliar,'' ujarnya.







Reporter : M Akbar
Redaktur : Chairul Akhmad
Sebaik-baik menjenguk orang sakit adalah berdiri sebentar (tidak berlama-lama) dan ta'ziah (melayat ke rumah duka) cukup sekali saja.((HR. Ad-Dailami))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  Dedik Minggu, 19 Agustus 2012, 04:55
subhanalloh, sungguh MNCTV memberikan tayangan yang sangat special, serial umar bin khottob sungguh sangat menginspirasi.
  fulan Jumat, 10 Agustus 2012, 05:15
betul, serial tsb disukai anak saya, hanya waktu tayang tdk begitu baik krn hampir berbarengan dng waktu sholat subuh di wib