Wednesday, 4 Safar 1436 / 26 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Robocop versi Baru, Ternyata Lebih Manusiawi

Wednesday, 11 July 2012, 11:16 WIB
Komentar : 1
ap
Joel Kinnaman dan Robocop
Joel Kinnaman dan Robocop

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES -- Sejumlah film hero seperti Batman, Spiderman saat ini dibuat ulang. Kedua film produksi DC dan Marvel ini dibuat semanusiawi mungkin, tanpa harus mengurangi spesial effect. Artinya, jika di film-film terdahulu masih banyak pertanyaan  kenapa para hero yang diadaptasi dari komik ini bisa punya atraksi dan teknologi di luar jangkauan manusia, maka di film remake, para hero ini dibuat semanusiawi mungkin, sehingga penonton merasa dekat dengan para hero ini.
Sisi kelam dari para Hero pun sengaja ditonjolkan. Mereka terlihat galau, kecewa, sedih dan kadang mereka juga kalah habis-habisan ketika bertemu dengan lawannya.
Nah, satu lagi film hero yang diremake ulang. Robocop versi reboot yang akan dibuat lebih “manusia” dibanding film versi sebelumnya.

Hal ini terlihat dalam penampilan polisi robot tersebut. Aktor utama, Joel Kinnaman, mengatakan, ikon polisi robot versinya lebih banyak menampilkan sisi manusia. Ia pun membandingkan reboot Robocop dengan versi aslinya yang disutradarai Paul Verhoven. “Robocop menjadi lebih manusiawi,” ucap aktor asal Swedia ini.

Aktor berusia 32 tahun ini menyebut Robocop kali ini akan lebih menampilkan wajah sebenarnya. Bila kita menyaksikan film Robocop maka bagian tubuh yang terlihat hanya bagian rahang. Tetapi, dalam versi reboot ini, bagian wajah lain juga akan ditampilkan sehingga lebih menampakkan wujud manusia. Saat ini, setelan Robocop masih dalam proses. “Helm yang dipakai akan tembus pandang sehingga mata Robocop bisa terlihat,” katanya.

Kinnaman mengaku, Robocop versi pertama merupakan salah satu film favoritnya. Verhoven, kata Kinnaman, sudah membentuk ciri khusus dalam menampilkan karakter Robocop. Dan, itulah yang tidak ada dalam versi reboot.   “Ini versi imajinasi ulang,” ujarnya. Sehingga, tetap ada perbedaan dalam kedua versi ini. Menurutnya, aksi Alex Murphy (karakter manusia Robocop) akan lebih menawan. Selain itu, kisah ini diyakini lebih menantang ketimbang versi sebelumnya.

Kinnaman mengaku senang bisa berperan sebagai Robocop. Ia pun memuji sang sutradara, Jose Padilha. “Padilha berperan besar dalam pembuatan reboot ini,” ucap bintang utama serial The Killing ini.  Kinnaman dipilih oleh Padilha untuk memerankan tokoh Robocop setelah melalui castingcukup lama. Sebelum Kinnaman terpilih, nama Michael Fassbener disebut-sebut membintangi film ini.

Kinnaman didaulat menjadi polisi masa depan ini menggantikan pemeran terdahulu, Peter Weller. Ia sebelumnya pernah bermain dalam film-film besar, seperti The Girl with the Dragon Tattoo (2011) dan The Darkest Hour. Baru-baru ini ia ber adu akting dengan Denzel Washington dan Ryan Reynolds dalam Safe House.

Sementara itu, aktor kawakan Hugh Laurie akan membintangi tokoh antagonis, yakni sebagai CEO Omni Corporation. Dalam film, perusahaan ini merupakan salah satu pencipta Robocop. Aktor berusia 53 tahun ini berniat mengambil keuntungan dari robot ciptaannya.  Beberapa bintang Hollywood akan memeriahkan film ini. Di antaranya Samuel L Jackson, Abbie Cornish, dan Gary Oldman yang berperan sebagai ilmuwan pencipta Robocop. Adapun versi reboot mendatang, naskah ditulis oleh Josh Zetumer.

Robocop pertama kali diperkenalkan ke Hollywood oleh sutradara Paul Verhoeven pada 1987. Film ini berkisah tentang seorang polisi yang dihidupkan kembali dalam bentuk robot. Hal ini membuat ingatan masa lalunya terhapus. Film versi reboot akan rilis di Amerika Serikat pada 9 Agustus 2013.

Reporter : wulan tunjung palupi
Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap((HR Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Papan Seluncur Terbang Kini Bukan Isapan Jempol
WASHINGTON DC -- Film ‘Back to the Future’ buatan akhir 1980-an banyak menampilkan teknologi masa depan yang ternyata menjadi kenyataan, seperti TV layar...