Jumat , 01 June 2012, 20:35 WIB

Film Indonesia 'L4 Lupus' Juara di AS

Red: Yudha Manggala P Putra
ANTARA
Pemeran film L4 Lupus
Pemeran film L4 Lupus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Film "L4 Lupus" karya sutradara Damien Dematra meraih penghargaan "Awards of Excellent" di ajang kompetisi "Los Angeles Movie Awards" yang diumumkan 28 Mei 2012 waktu setempat.

"Kemenangan film tersebut teramat spesial untuk para Orang Hidup dengan Lupus atau Odapus pada Mei, setelah kehilangan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih yang selama ini memberikan perhatian terhadap penyakit itu," kata Ketua Yayasan Lupus Indonesia Tiara Savitri dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (1/6).

Film tersebut bercerita tentang seorang dokter muda miskin yang mendapati adiknya yang tuna rungu dan wicara terkena Lupus.

Saat dia akhirnya harus kehilangan satu-satunya anggota keluarganya itu, seorang dokter muda di UGD tempat bekerja, jatuh cinta padanya. Sayangnya sakit tidak kompromi terhadap waktu dan keadaan.

Film yang bertujuan untuk sosialisasi Lupus ini bergelut dengan tema perjuangan melawan penyakit Lupus berbalut romantisme dan diperankan oleh Virda Anggraini, Ayu Azhari, Natasha Dematra, Anna Tariga dan Lucky Moniaga.

Almarhumah Menkes Endang saat menyaksikan film tersebut pada Oktober 2011 mengatakan bahwa film tersebut adalah yang pertama tentang penyuluhan penyakit Lupus di dunia.

Sutradara Damien mempersembahkan kemenangan film ini untuk Menkes Endang dan Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo dan para Odapus yang telah berpulang sejak pembuatan film ini.

Sebelumnya, film ini telah menerima beberapa penghargaan internasional diantaranya film tentang penyuluhan penyakit Lupus pertama di dunia dari Jaya Supratna (Museum Rekor Dunia) dan dari "Royal World Records".

Sumber : Antara