Ahad 28 Nov 2010 06:24 WIB

Andreaa Hirata Duta Wisaata Belitong Timur

Rep: neni ridarineni/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,LINGGA - Andrea Hirata yang karyanya sudah mendunia dengan judul "The Rainbow Troops" diharapkan menjadi duta wisata Belitong Timur untuk pengembangan perekonomian masyarakat.

''Kami ingin Bang Andrea sebagai Duta Wisata Belitong Timur. Apalagi dengan karyanya Kabupaten Belitong Timur bisa dikenal di dunia dan dikunjungi wisatawan domestik maupun asing''kata Bupati Belitong Timur Bahuri Tjahaja Purnama, di Desa Lingga, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitong Timur, Sabtu (27/11).

Menanggapi hal itu Andrea yang selama tiga bulan studi di Iowa University telah menyelesaikan novel terbarunya berjudul  "Ayah" ini mengatakan sebetulnya tanpa diangkat sebagai duta Belitong Timur dirinya selalu menceritakan tentang Belitong Timur saat sebagai pembicara di tingkat nasional maupun internasional.

''Sebenarnya sejak booming Laskar Pelangi lima tahun kesempatan untuk mengembangkan Belitong Timur tetapi Dinas Pariwisata Kabupaten Belitong Timur tidak ada konsep yang jelas. Ini sangat menyedihkan. Karena itu Festival Laskar Pelangi ini berawal dari kekecewaan saya. Tetapi dengan adanya bupati yang baru dilantik September yang lalu ini era baru yang kami harapkan bisa mengembangkan Belitong Timur,''ungkap dia.

 

Menurut Bahuri keterlibatan Andrea dalam pengembangan wisata di Belitong Timur wajib, karena telah disediakan  seluas 67 hektar dan dua hektar diantaranya untuk Sekolah Laskar Pelangi di Desa Lingga, Kecamatan Gantong, untuk menjadikan Desa Lingga khususnya dan Kabupaten Belitong Timur umumnya sebagai destinasi Wisata  melalui konsep desa sastra.

''Sampai saat ide tanah seluas 60 hektar lebih belum diapa-apakan dan saya ingin hal itu dikembangkan idenya dari Andrea Hirata sebagai seorang seniman yang tahu persis bagaimana mengembangkannya. Karena dia yang tahu persis, sedangkan pemerintah daerah akan mengakomodir apa saja untuk kepentingan masyarakat,''tutur dia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement