Rabu, 16 Jumadil Akhir 1435 / 16 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Gamelan Bali Jadi Koleksi Museum Musik Barcelona

Sabtu, 07 Maret 2009, 07:18 WIB
Komentar : 0
LONDON -- Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Slamet Mustafa menyerahkan seperangkat alat musik Indonesia Gamelan Bali Kepada Kepala Dinas Kebudayaan Pemerintahan Kota Barcelona, Jordi Marti.Pelaksana fungsi Sosial dan Budaya KBRI Spanyol Allen Simarmata kepada koresponden Antara London, Jumat mengatakan, perangkat lengkap gamelan Bali ini setelah diserahkan, selanjutnya diserahterimakan kepada Direktur Museum de la Musica de Barcelona, Roma Escalas.

Dikatakannya alat musik gamelan Bali yang diserahkan ke museum merupakan sumbangan Gubernur Bali yang masa itu dijabat Dewa Made Beratha saat berkunjung ke Madrid bersama Tim kesenian Pemprov Bali, Desember lalu.Dalam acara penyerahan, Kadis Kebudayaan Pemko Barcelona menyampaikan terima kasih atas bantuan gamelan Bali, yang untuk selanjutnya alat menjadi koleksi tetap Museo de la Musica.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemko Barcelona, Jordi Marti menyampaikan ungkapan terima kasih dengan diserahkanya superangkat alat musik kepada museum. Dalam sambutannya Dubes Slamet Mustafa menyampaikan filsafat hidup masyarakat Bali dan suku lainnya di Indonesia berkaitan dengan seni budayanya.

"Gamelan berhubungan erat dengan perkembangan religi dan ceremonial adat istiadat dan spritual keagamaan yang dianut masyarakat Bali," ujarnya. Gamelan Bali merupakan alat musik yang memiliki kesamaan dengan musik tradisional di banyak daerah lainnya di Indonesia yang dekat dengan kehidupan masyarakat khususnya adat istiadat dan ritual, ujar Dubes Slamet Mustafa.

Acara penyerahan alat musik gamelan tersebut dihadiri pegawai pemerintah Kota Barcelona, pegawai museum, mass media setempat dan para undangan lainnya.Usai acara penyerahan, dipandu Suyanto, staff KBRI seorang guru gamelan, kepada pengunjung dan undangan diperkenalkan detail lengkap perangkat musik gamelan dan fungsi seperti kendang, gangsa, kantilan, pengugal, kajar, gong, kempor, kemong, jublag, reong dan ceng-ceng ricik (16 buah) dan mereka diajari cara menabuh.

Diakhir acara, Group gamelan KBRI Madrid memainkan gamelan dengan dua buah lagu "gilak dong" dan "pendet". Alunan gamelan yang dimainkan KBRI ini disambut meriah dan tepuk tangan para undangan.Museum musik Barcelona yang didirikan tahun 1983 ini, merupakan salah satu museum musik bergengsi dan cukup dikenal di Barcelona sebagai salah satu objek wisata, dengan ragam koleksi alat musik dunia yang dimiliki dan letak museum yang tidak begitu jauh dari keramaian kota Barcelona.

Dengan demikian koleksi gamelan di museum ini, menjadi alat promosi yang baik untuk lebih memperkenalkan khasanah kekayaan budaya Indonesia. ant/kpo
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. ((QS. Al-Baqarah [2]:107))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar