Kamis , 30 November 2017, 00:16 WIB

Chef Aiko Kehilangan Bondan Maknyus

Rep: Ali Mansur/ Red: Joko Sadewo
dok. Republika
Bondan Winarno
Bondan Winarno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu presenter kuliner Aiko Sarwosri atau Chef Aiko, turut belasungkawa atas meninggalnya Bondan Winarno. Aiko mengungkapkan kehilangan presenter yang terkenal dengan gimmick 'maknyus itu di akun Instagram @aiko_sarwosri.

"Masyarakat Indonesia kehilangan salah satu pakar kuliner hebat Indonesia. Selamat jalan pak Bondan Winarno. Turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian beliau dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tulis Aiko di Instagramnya, Rabu (29/11).

Bondan Winarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 April 1950 silam. Semasa kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, Universitas Diponegoro, Semarang, ia belum sempat selesai dan sudah menjadi fotografer Puspen Hankam di Jakarta hingga tahun 1970. Dia juga seorang penulis lepas di berbagai media cetak.

Kemudian, dia menjadi seorang jurnalis dan sempat menjabat sebagai redaktur kepala majalah SWA pada 1984-1987. Tidak hanya itu, dia juga pernah menjadi pemimpin redaksi sebuah media masa nasional  pada 2001-2003. Dia juga pelopor dan ketua komunitas wisata boga Jalansutra, yang populer di Indonesia.

Namun, namanya melambung sejak menjadi presenter dalam acara kuliner di salah satu stasiun televisi swasta, yakni program Wisata Kuliner. Dalam program Wisata Kuliner, suami dari Yvonne Winarno itu kerap mengucapkan "Pokoke Maknyus". Itu dikatakan setiap sehabis mencicipi hidangan. Hasilnya, kata Maknyus menjadi populer dan digunakan untuk menggambarkan kondisi yang nyaman, enak, dan sebagainya.