Kamis , 09 November 2017, 18:03 WIB

Keluarga Bobby Bakal Potong Kerbau untuk Kahiyang

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Halimatus Sa'diyah
Pasangan pengantin baru, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, menyapa tamu undangan yang hadir dalam sesi resepsi siang di Graha Saba, Solo, Rabu (8/11).
Pasangan pengantin baru, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, menyapa tamu undangan yang hadir dalam sesi resepsi siang di Graha Saba, Solo, Rabu (8/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Keluarga Bobby Nasution akan memotong kerbau untuk Kahiyang Ayu. Paman Bobby, Erwan Nasution, mengatakan pemotongan kerbau itu merupakan bagian dari rangkaian acara adat pemberian marga bagi putri Presiden Jokowi tersebut.

"Jumlah (kerbaunya) berapa kita belum tahu. Karena ada beberapa etnis yang mau menyumbang kerbau," ujarnya di Solo, Kamis (9/11).

Setelah resmi melangsungkan akad nikah pada Rabu (8/11) kemarin, Kahiyang dan Bobby akan melangsungkan serangkaian acara adat dalam tradisi Mandailing di kampung halaman Bobby di Medan. Menurut Erwan, acara tersebut akan dimulai dengan pemberian gelar bagi Kahiyang pada tanggal 21 November mendatang.

"Kahiyang Ayu diberi marga Siregar. Nanti, kami sebagai keluarga Nasution akan meminta ke tulangnya (pamannya) si Bobby agar Kahiyang diberi marga."

Setelah itu, ada prosesi potong lembu yang akan digelar pada 23 November. Di hari berikutnya, keluarga Bobby juga akan menggelar pesta adat sebagai bentuk penyambutan Kahiyang dalam keluarga besarnya.

Meski acara kental dengan adat Batak, Erwan memastikan pesta adat tersebut juga akan dihadiri para tamu yang berasal dari beragam suku di Indonesia. Rencananya, Presiden Jokowi juga akan menghadiri rangkaian acara adat tersebut.