Ahad , 04 June 2017, 22:43 WIB

Benedict Cumberbatch Ikut Berpuasa?

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
Reuters
Benedict Cumberbatch
Benedict Cumberbatch

REPUBLIKA.CO.ID, Aktor Benedict Cumberbatch dan pembawa acara Jimmy Kimmel diketahui ikut berpuasa. Mereka yakin dengan berpuasa sebenarnya bisa menjadi salah satu cara diet yang menyehatkan.

Puasa yang dijalani sering disebut fasting diet atau diet 5-2 yakni lima hari makan seperti biasa dan dua hari mengurangi asupan makanan. Metode ini mirip dengan puasa yang dilakukan oleh umat muslim.

Dilansir dari Time, banyak penelitian menyebut diet dengan puasa bisa mengurangi risiko penyakit kronis, memperpanjang usia dan menurunkan berat badan.

"Kebanyakan orang terus makan," ujar Ilmuwan syaraf dan peneliti di National Institute on Aging, Mark Mattson.

Manfaat diet puasa tanpa makanan sepertinya banyak. Misalnya, sebuah penelitian 2010 tentang wanita gemuk menemukan mereka yang berpuasa dua hari dalam seminggu selama enam bulan turun hampir 13 kilogram. Wanita-wanita tersebut memakan sekitar 600 kalori makanan - sayuran, buah, dan sedikit susu skim, bahkan pada hari puasa. Dibandingkan dengan wanita yang terjebak dengan diet tradisional yang mengurangi kalori setiap hari dalam seminggu, mereka yang berpuasa kehilangan bobot dan penurunan lemak lebih besar.

Ini karena tubuh mengubah makanan menjadi glikogen. Suatu bentuk energi yang dapat disimpan untuk digunakan nanti. Tubuh Anda kemudian menusuk glikogen itu di sel lemak dan di hati Anda.

"Jika Anda makan sepanjang hari, glikogen di hati Anda tidak pernah habis," katanya.

Di sisi lain, setelah sekitar 12 jam tanpa makanan, hati Anda kehabisan glikogen, dan pada saat mana tubuh Anda mulai menarik energi dari glikogen yang tersimpan di sel lemak Anda.

Menurut Mattson, manfaat rencana itu bisa meluas jauh melampaui penurunan berat badan.