Rabu, 3 Syawwal 1435 / 30 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Beda Miss World dengan Miss Universe

Sabtu, 07 September 2013, 18:41 WIB
Komentar : 4
AP PHOTO
Penobatan Miss World 2012, gelar yang dimenangkan kontestan dari Cina.
Penobatan Miss World 2012, gelar yang dimenangkan kontestan dari Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sama-sama menjadi ajang kecantikan internasional, Miss World dan Miss Universe diselenggarakan pertama kali pada tahun yang berbeda. Miss World merupakan ajang kecantikan tertua yang masih diselenggarakan hingga kini. Eric Morley mengadakan ajang Miss World pertama kalinya di Inggris Raya pada 1951.

Saat itu, Morley berencana mengadakan kontes sekali saja. Mengetahui ada ajang kecantikan lain yang akan diadakan tahun berikutnya, Morley memutuskan menjadikan Miss World sebagai ajang tahunan. Miss World 1951 diraih oleh Kiki Hakansson dari Swedia.

Sementara Miss Universe diadakan pada 1952 di Long Beach, California, Amerika Serikat. Kontes itu diadakan oleh Pacific Mills, perusahaan yang bergerak di bidang pakaian. Armi Kuusela dari Finlandia dinobatkan sebagai Miss Universe pertama pada 1952.

Ajang Miss Universe pernah juga dimiliki oleh  Kayser-Roth dan Gulf-Western sebelum  dibeli oleh pengusaha Donald Trump pada 1996. Sebelum melaju ke ajang Miss World, delegasi harus meraih kontes kecantikan nasional di negaranya yang berafiliasi dengan Miss World. 

Di Indonesia, lisensi ini dipegang oleh Yayasan Miss Indonesia. Tahun ini, Vania Larissa, juara Miss Indonesia 2013 yang akan mewakili Indonesia di ajang Miss World 2013 yang diadakan di Bali dan Bogor.

Sebelum masuk ke babak final, delegasi Miss World harus melalui Fast Track. Yaitu, serangkaian tantangan untuk mendapatkan nilai sehingga mereka berhak mengikuti final. Fast Track terdiri dari Beach Fashion, Miss Talent, Miss Sports, Beauty With A Purpose, dan Top Model

Sementara itu, peserta yang mengikuti Miss Universe juga merupakan peraih kontes kecantikan yang memegang lisensi dari Miss Universe Organization. Indonesia pernah mengirim Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004, ke ajang Miss Universe 2005.

Miss World 2013 dibuka hari ini di Bali dengan 131 negara peserta. Final Miss WOrld akan diadakan di Sentul Convention Center, Bogor pada 28 September. 

Redaktur : Mansyur Faqih
Sumber : Antara
Mimpi baik adalah dari Allah, sedangkan mimpi buruk adalah dari setan. Maka seandainya kalian mimpi buruk, meludahlah ke arah kiri dan berlindunglah kepada Allah, karena dengan demikian (mimpi buruk) itu tidak akan memerangkapnya(HR Bukhari)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
JK, Terpilih Wapres Biasa Saja, Anak dan Cucu Sedih
JAKARTA -- JAKARTA -- Jusuf Kalla sudah diumumkan secara resmi oleh KPU sebagai cawapres terpilih 2014-2019 pada tanggal 22 Juli kemarin. Ini menjadi kali...