Sabtu , 26 June 2010, 02:27 WIB

Polri: Teroris akan Kacaukan HUT Bayangkara

Rep: C01/ Red: Budi Raharjo
Edward Aritonang
Edward Aritonang

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tersangka teroris yang ditangkap di Klaten kemarin diduga akan menyerang institusi Polri tepat pada hari jadi Bhayangkara pada 1 Juli 2010. Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Edward Aritonang, mengatakan beberapa institusi Polri di berbagai daerah diduga menjadi target dari tersangka teroris tersebut.

''Mereka cover dengan menyebut Hari Ulang Tahun Polri,'' ujar Edward di rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/6).

Menurutnya, rencana tersangka tersebut diketahui dari dokumen yang berhasil disita dari tempat kejadian perkara di Klaten, Jawa Tengah.Selain menyita dokumen, Edward mengatakan, para tersangka tersebut mengaku dengan terus terang tujuan dan mengapa sasaran tersebut yang dipilih. ''Motif penyerangan ingin balas dendam, mereka menganggap polisi menyakiti teman-teman mereka,'' ungkapnya.

Selain itu, Edward mengatakan, tersangka juga mengaku merencanakan penyerangan kepada salah satu Kantor Kedutaan Besar Eropa. Kantor Kedutaan Besar itu sendiri diduga Kedubes Denmark. Motif para pelaku sendiri diduga ingin membalas dendam terhadap pemuatan karikatur nabi Muhammad di negara Eropa Barat tersebut.

Berita Terkait