Jumat , 22 September 2017, 18:23 WIB

Tahun Baru Islam, Jamaah Antusias Ziarah ke Raudhah

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Endro Yuwanto
Media Center Haji 2017
Jamaah haji shalat di Raudhah yang terdapat di dalam Masjid Nabawi, Madinah.
Jamaah haji shalat di Raudhah yang terdapat di dalam Masjid Nabawi, Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID,  MADINAH -- Jamaah memadati Raudhah atau makam Baginda Rasulullah di dalam masjid, pada Kamis (21/9) malam. Seorang jamaah asal Cirebon, Hasanah (43 tahun) mengatakan, dia ikut berziarah ke makam Nabi SAW selepas Isya.

"Ziarah ke Raudhah sampai pukul 23.00," kata Hasanah ditemui Republika.co.id, di Masjid Nabawi, Jumat (22/9).

Di Tahun Baru Islam ini, Hasanah berharap dapat hijrah menjadi manusia yang lebih baik. Ia juga menyampaikan harapan agar umat Islam Indonesia bersatu.

Ziarah ke Raudhah menjadi hal paling ditunggu-tunggu para jamaah. Hamidah, asal Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, mengaku ini ketiga kalinya ziarah ke makam Nabi SAW. "Hari ini hari terakhir berada di Madinah. Besok, Sabtu (23/9) dinihari terbang ke Indonesia," ujar Hamidah dari Kloter BTH 16.

Petugas Perlindungan Jamaah Haji Sektor Khusus Masjid Nabawi Rizqy Amalia mengatakan, bertepatan dengan 1 Muharram, jumlah jamaah yang berziarah ke makam Rasulullah cukup banyak. "Sekarang ini lagi padat-padatnya," ujarnya.

Apalagi saat ini jamaah haji Indonesia gelombang kedua terus berdatangan dari Makkah ke Madinah. Puncak kepadatan jamaah haji Indonesia dari Makkah ke Madinah terjadi pada 21 hingga 27 September 2017.