Senin 06 Jun 2016 13:01 WIB
Kelahiran Sukarno

Cerita Cinta Sukarno dengan Sembilan Istrinya (Bagian Pertama)

Bung Karno-Fatmawati bersepeda
Foto: blogspot
Bung Karno-Fatmawati bersepeda

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Wartawan Republika, Karta Raharja Ucu

"Aku kembali ke Bandung ... dan kepada cintaku yang sesungguhnya." Kalimat singkat itu disampaikan Presiden Sukarno kepada Inggit Garnasih, istri keduanya, yang mendampinginya selama lebih dari 20 tahun.

Inggit adalah satu dari sembilan perempuan yang pernah menjadi istri Sukarno. Sepanjang kehidupannya, Sukarno memang dikenal sebagai penakluk hati kaum Hawa.

Ada cerita menarik dari Cindy Adams, penulis buku biografi Sukarno, An Autobiography as Told to Cindy Adams (1965), yang diterjemahkan dengan judul "Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia", soal kedekatan Sukarno dengan perempuan. Dalam sesi wawancara dengan sebuah media di Indonesia, Cindy mengungkapkan kekagumannya kepada Sukarno.

"Dia (Sukarno) mencintai kehidupan, dia mencintai perempuan. Saya tidak pernah bertemu presiden lain yang melakukan hal yang sama. Dia dekat dengan Marilyn Monroe, dengan bintang-bintang film. Seperti halnya saya yang terlihat menarik, dia hanya menikmati cara-cara untuk mengagumi perempuan dan para perempuan pun mengaguminya."

(Baca Juga: Cerita Cinta Sukarno dengan Sembilan Istrinya --Bagian Kedua)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement