EMBED
Friday, 10 December 2010

Astaghfirullah, Israel Runtuhkan Fondasi Dasar Masjid Aqsha

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSAELEM--Penggalian yang dilakukan Israel menyebabkan runtuhnya dasar fondasi masjid Aqsa. Seperti dilaporkan Yayasan Aqsha untuk wakaf dan warisan, penggalian yang dilakukan juga mengakibatkan keretakan bangunan yang muncul dalam struktur masjid dan sekitarnya. Yayasan itu kemudian mendokumentasikan inisden melalui foto dan video Sabtu (13/11) lalu.

Sebuah tim mengunjungi masjid pada Sabtu untuk memeriksa kondisi tanah di sekitar situs pohon tua yang gugur minggu lalu. Namun, temuan mereka sungguh di luar dugaan, yaitu adanya rongga pada jarak enam meter dari pohon yang hanya ditutupi dengan ranting-ranting pohon dan koran bekas. Di bawahnya adalah batu beton yang mencurigakan yang tergeletak miring.

Penyidik juga menemukan adanya lubang selebar 50 cm persegi, namun mereka tidak dapat mengidentifikasi seberapa dalam lubang sebenarnya. Tim inspeksi menyatakan insiden terulangnya keruntuhan dan kerusakan di masjid ini adalah akibat pasukan Israel yang telah menggali di bawah situs suci.

Dalam dua terakhir, aktivitas pengalian diam-diam yang dilakukan Israel menyebabkan sejumlah runtuhan di lantai Masjid Aqsha. Tak hanya itu, sebuah pohon besar yang roboh di dekat Gerbang Qattanein juga roboh. Data terakhir Yayasan Aqsha untuk wakaf dan warisan menyebutkan Israel melakukan penggalian lubang di bawah bidang Mutahhara terletak di perbatasan barat masjid dan menyebabkan retak di gedung Marwani, pada bangunan di atas pintu gerbang di bagian utara masjid. Penggalian juga dilakukan di bagian barat dan selatan masjid.

 

Courtesy Youtube


Redaktur : Sadly Rachman
Reporter : Agung Sasongko