EMBED
Sabtu, 06 Juli 2013

Wow, Ini Ide Keren Sigi Wimala untuk Museum Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ada sekitar 285 museum yang tersebar di Indonesia, namun ada dua museum yang menjadi favorit duta museum Indonesia 2011, Sgi Wimala.

Menurut model dan presenter ini, kedua museum itu menawarkan tampilan, display dan interior yang tidak membuat bosan pengunjung. Ketika masuk, pengunjung dapat melihat bagaimana rentetan sejarah Bank Indonesia dengan disisipkan latar belakang situasi Indonesia saat itu secara lengkap dan detail.

Ditanya bagaimana kondisi museum-museum di tanah air, Sigi mengungkap secara keseluruhan terus membaik. Ini terjadi lantaran program revitalisasi museum yang dilakukan pemerintah. Memang, belum banyak masyarakat yang tahu sehingga hingga saat ini kesan museum yang membosankan dan sebagainya masih melekat.

Tantangan yang dihadapi museum-museum di Indonesia saat ini adalah bagaimana mereka yang datang mendapatkan pengetahuan. Tidak hanya sekedar hasil jepretan foto jalan-jalan saja.

Duta Museum Indonesia 2011, Sigi Wimala mengungkap interaksi antara pengunjung dan museum perlu diperkuat. Ini bisa dilakukan dengan pemanfaatan metode bercerita.

Untuk tujuan itu, Sigi merintis proyek museum bercerita. Proyek ini berupa mengunduh file suara (voice over) suaranya pada laman pribadi Sigi yang isinya seputar Museum Nasional (Museum Gajah), Jakarta. Museum ini senagaja dipilih karena merupakan representasi sejarah bangsa Indonesia. Ke depan, akan banyak museum yang akan digandeng Sigi.

Selain itu, Sigi juga berencana mengandeng artis untuk menjadi guide tour museum. Ia percaya mengundang artis akan menambah daya tarik museum. Namun, Sigi belum bisa menyebutkan artis siapa saja yang akan diajaknya.

 

Videographer: Agung Sasongko


Redaktur : Sadly Rachman
Reporter : Agung Sasongko